Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jembatan Kuno Glodok dan Jalur Air Batavia Ditemukan dalam Pembangunan MRT Fase 2, akan Masuk Museum

Rabu, 21 September 2022 | 07:04 WIB
jembatan-kuno-glodok-dan-jalur-air-batavia-ditemukan-dalam-pembangunan-mrt-fase-2-akan-masuk-museum
Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim menjelaskan penemuan cagar budaya pada pekerjaan penggalian untuk proyek pembangunan MRT fase 2, di Jakarta, Selasa (20/9/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pembangunan Mass Rapid Transit  (MRT) fase 2 koridor Bundaran Hotel Indonesia-Stasiun Kota kini sudah mencapai 15 persen. Dalam prosesnya PT MRT Jakarta menemukan Cagar budaya berupa jembatan kuno Glodok dan jalur air Terakota Batavia.

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim mengatakan, penemuan cagar budaya itu sebelum pihaknya mulai membangun  terowongan maupun stasiun MRT. Yakni pada Desember 2021 dan Juli 2022. 

 "Kami melakukan 'checking' dan menemukan banyak sekali cagar budaya", kata Silvia seperti dikutip dari Antara, Selasa (20/9/2022). 

Baca Juga: Stasiun MRT Monas dan Thamrin Kini Telah Tersambung, Target Selesai Maret 2025

Ia menyampaikan, MRT Jakarta  tidak akan menghancurkan cagar budaya tersebut. Pihaknya akan melestarikannya dengan memajang  di museum, menggunakannya kembali pada bangunan stasiun dan menjadikannya bagian arsitektur bangunan.

PT MRT Jakarta  juga membelokkan jalur rel agar tidak merusak cagar budaya berupa sisa tembok tua Batavia yang lebih dikenal dengan Pintu Besar. 

Baca Juga: MRT Fatmawati-TMII Dibangun 2023, Panjangnya 12 Km dan Lewati 10 Stasiun

MRT mulai melakukan pengerjaan fase 2 koridor Bundaran Hotel Indonesia-Stasiun Kota pada 14 Februari 2022.

Saat ini,  PT MRT Jakarta baru melayani satu koridor  yakni dari Lebak Bulus hingga Bunderan HI dengan jalur melayang dan melewati terowongan, sedangkan koridor 2 dari Bunderah HI hingga Jakarta Kota menggunakan jalur terowongan.



Sumber : Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Update

Enam Fokus Jokowi pada APBN 2023

Kamis, 1 Desember 2022 | 16:36 WIB
Close Ads x