Kompas TV nasional gaya hidup

6 Makanan yang Bisa Mengurangi Gangguan Perut Kembung, Diare hingga Keram

Kompas.tv - 14 September 2022, 19:14 WIB
6-makanan-yang-bisa-mengurangi-gangguan-perut-kembung-diare-hingga-keram
Foto ilustrasi sakit perut. Rasa yang dialami seperti kembung, diare, penuh gas, hingga keram bisa menganggu aktivitas harian Anda.(Sumber: Pixabay)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Permasalahan rasa tak nyaman pada perut kerap kali terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Rasa yang dialami seperti kembung, diare, penuh gas, hingga keram bisa menganggu aktivitas harian Anda.

Baca Juga: Pisang Meningkatkan Kesehatan Jantung, Pencernaan, dan Tekanan Darah? Ini Kandungan Buah Pisang

Salah satu penyebab yang membuat perut sakit adalah terlalu banyak makan. Selain itu makanan yang disantap juga bisa menjadi penyebab lain.

Namun, dengan menyantap beberapa makanan seperti jahe atau pepaya bisa meredakan rasa tak nyaman yang dialami pada perut ketika dirasa bermasalah. 

Seperti dikutip dari Kompas.com, berikut beberapa makanan yang bisa disantap ketika mengalami gangguan pada perut.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Herbal Chamomile untuk Kesehatan, Atasi Insomnia hingga Baik untuk Pencernaan

6 makanan yang bisa mengurangi gangguan perut

Pepaya
Buah ini cocok bagi Anda yang mengalami gangguan sembelit. Pepaya memiliki enzim alami pencernaan yang bisa menguraikan makanan yang mengiritasi perut. Pada pepaya matang bisa membantu mengatasi diare, rasa panas, dan sembelit.

Jahe
Jahe sudah terkenal akan khasiatnya menghangatkan badan. Dengan menyeduhnya dengan atau tanpa susu, minuman jahe bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa mual dan kembung.

Gandum
Gandum atau oat adalah salah satu sumber serat yang baik dan berguna dalam memperlancar pencernaan. Bonusnya, gandum baik pula untuk menurunkan kolesterol.

Baca Juga: Rekomendasi Makanan yang Meningkatkan Kolagen Alami agar Kulit Terlihat Lebih Muda

Apel
Buah ini memiliki serat yang tinggi dan juga kaya akan pectin, yakni enzim yang membantu mengurai dan mengurangi partikel makanan yang mengiritasi tubuh.

Bagi Anda yang memiliki perut sensitif, Apel bisa jadi konsumsi yang tepat dalam bentuk yang sudah terpanggang, misalnya, dalam pie apel, jangan yang masih segar.


Kayu manis
Biasanya digunakan untuk mengurangi rasa mual di pagi hari yang sering dialami ibu hamil, kayu manis ternyata juga baik untuk mengurangi diare, dan efektif untuk mengurangi gas dalam perut. Taburkan bubuk kayu manis dalam makanan Anda, seperti di atas ayam atau pie apel.

Alpukat
Buah yang dikenal tinggi potasium, serat, ini aman di perut. Selain itu Alpukat juga baik untuk jantung dan cocok untuk dikonsumsi.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x