Kompas TV religi beranda islami

Doa dan Tata Cara Salat Dhuha, Keutamaannya Dekatkan Rezeki dan Mudahkan Urusan

Kompas.tv - 9 September 2022, 05:53 WIB
doa-dan-tata-cara-salat-dhuha-keutamaannya-dekatkan-rezeki-dan-mudahkan-urusan
Salat duha , salah sunah yang dilakukan pagi hari.   (Sumber: TribunJabar/Gani Kurniawan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Salat Dhuha merupakan salah satu salat sunnah yang dianjurkan untuk dijalani. Keutamaannya banyak, mulai dilancarkan urusan atau hajat hingga mendekatkan rezeki.

Lantas, kapan waktu salat dhuha?

Waktu salat dhuha mulai dari terbitnya matahari hingga menjelang waktu Salat Zuhur tiba pada siang. Kira-kira kalau dalam ukuran waktu, mulai pukul 07.00 sampai pukul 11.00.

Jumlah Salat dhuha minimal dua rakaat. Namun, pada dasarnya tidak ada larangan untuk menambah jumlah rakaat salat dhuha. Baik itu jadi 4 rakaat, 8 rakaat maupun 12 rakaat.

Nabi Muhammad dalam hidupnya pernah melakukan salat duha 8 rakaat. Hal ini disandarkan pada riwayat Ummu Hani dalam Sahih Bukhari, "Nabi saw. pada tahun terjadinya Fathu Makkah beliau salat duha delapan rakaat.” (H.R. Bukhari).

Baca Juga: Doa agar Terhindar dari Bencana Alam, Amalkan Pagi dan Sore

Keutamaan Salat Duha

Adapun keutamaan Salat Dhuha banyak sekali. Salah satunya, adalah mendekatkan rizki dan sebagai sarana sedekah untuk diri dan sarana penggugur dosa-dosa.

Rasulullah SAW bersabda,"Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya. Amar ma’ruf adalah sedekah, nahi mungkar adalah sedekah, dan semua itu dapat diganti dengan salat duha dua rakaat," (H.R Muslim).

Untuk itulah, ulama-ulama sejak zaman dahulu menyarangkan bagi Umat Islam untuk menjadikan salat dhuha dengan Istiqamah sebab begitu banyaknya keberkahan di dalamnya.

Baca Juga: Bacaan Doa Saat Bertamu ke Rumah Orang Pulang Naik Haji, Barakahnya Melimpah

Tata Cara Salat Duha:

Niat salat duha (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x