Kompas TV regional peristiwa

Puluhan Penyelam Gelar Upacara Detik-Detik Proklamasi di Bawah Laut Ternate

Rabu, 17 Agustus 2022 | 15:38 WIB
puluhan-penyelam-gelar-upacara-detik-detik-proklamasi-di-bawah-laut-ternate
Sebanyak 77 penyelam yang tergabung dalam berbagai elemen kemaritiman dan komunitas penyelam menggelar Upacara Detik-Detik Proklamasi HUT ke-77 RI di bawah laut Pantai Falajawa Ternate, Rabu (17/8/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Abdul Fatah)

Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

TERNATE, KOMPAS.TV - Sebanyak 77 orang penyelam yang terdisi dari berbagai elemen kemaritiman dan komunitas penyelam menggelar Upacara Detik-Detik Proklamasi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di bawah laut Pantai Falajawa Ternate, Maluku Utara (Malut), Rabu (17/8/2022).

Melansir dari Antara, Danlanal Ternate Letkol Mar Ridwan Aziz menjadi inspektur upacara pada pengibaran bendera Merah Putih di kedalaman 12 meter bawah laut Pantai Falajawa Ternate bersama 77 orang dan 11 peserta.

Ridwan menjelaskan, para penyelam ini berasal dari unsur TNI-AL, Basarnas, Polairud, Polres Ternate, dan sejumlah komunitas selama di Kota Ternate menggelar upacara bendera di dasar laut pantai Falajawa 2 Ternate.

Baca Juga: Jokowi Pakai Baju Adat Dolomani dari Buton di Upacara HUT ke-77 RI, Apa Filosofinya?

"Perayaan HUT Proklamasi bawah laut ini merupakan momentum dalam menjaga kelestarian laut bersama-sama dengan cara tidak membuang sampah di laut," kata dia.

Dia mengajak semua komunitas selam dan warga Malut bersama-sama menjaga laut karena di dalam ada berbagai sumber hayati yang harus dirawat.

Sementara itu, Ketua Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (FOSSI) Malut, Rahmi Husen menyatakan seluruh komunitas selam dan instansi terkait bersama-sama merayakan HUT ke-77 RI dengan melakukan upacara bawah laut.

Dia menyatakan, dari 77 titik perayaan HUT Proklamasi bawah laut di Indonesia, untuk Provinsi Malut sendiri dilaksanakan di dua titik yakni Pulau Morotai dan Pantai Falajawa Ternate.

Baca Juga: Merah Putih Tak Berkibar saat Upacara di Solo karena Pengait Patah, Gibran: Saya Mohon Maaf

Sebelumnya, Personel Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Malut juga mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut di objek wisata Pantai Jikomalamo, Selasa (16/8).

Personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate meriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia dengan cara mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut di objek wisata Pantai Jikomalamo, Selasa (16/8/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Abdul Fatah)

"Sebanyak 10 penyelam dari Basarnas Ternate mulai melakukan penyelaman, mengibarkan bendera merah putih pada kedalaman 9 meter di perairan tempat wisata pantai Jikomalamo Ternate," kata Kepala Basarnas Ternate, Fathur Rahman di Ternate, Selasa  (16/8/2022) dilansir dari Antara.

Dia menjelaskan, bendera dibentangkan dan diiringi lagu Indonesia Raya di bawah laut, para penyelam juga memberikan penghormatan kepada sang Merah Putih.

Baca Juga: TNI AL Kibarkan Bendera Merah Putih di 77 Dasar Laut Nusantara, Wakasal: Justru di Laut Kita Jaya

Kegiatan tersebut, kata Fathur, memberikan pesan nilai persatuan dan kesatuan bangsa yang kental, sehingga dapat menjadi contoh.

Fathur menambahkan, alasan tempat wisata pantai Jikomalamo dipilih sebagai lokasi pembentangan bendera karena tempatnya aman dan merupakan salah satu tempat wisata andalan Kota Ternate.

Menurut dia, keindahan pantai Jikomalamo menjadi aset pariwisata yang menghasilkan pendapatan bagi pemerintah daerah. Selain itu juga dijaganya ekosistem.

Baca Juga: Peringatan HUT ke-77 RI, Pemprov DKI Jakarta Gelar Upacara di Plaza Setalan Monas


 


Sumber : Kompas TV, Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x