Kompas TV nasional peristiwa

TNI AL Kibarkan Bendera Merah Putih di 77 Dasar Laut Nusantara, Wakasal: Justru di Laut Kita Jaya

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 12:21 WIB
tni-al-kibarkan-bendera-merah-putih-di-77-dasar-laut-nusantara-wakasal-justru-di-laut-kita-jaya
TNI AL ikut serta dalam semarak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera merah putih dasar laut nusantara (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) ikut serta dalam semarak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera merah putih di dasar laut, Rabu (17/8/2022).

Dipimpin oleh oleh Wakil kepala staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono, TNI AL melaksanakan pengibaran bendera merah putih di bawah air di 77 lokasi untuk memeriahkan perayaan HUT ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022.

Pengibaran bendera merah putih dilakukan serentak dari dasar laut di 77 lokasi di perairan nusantara dari Sabang hingga Merauke dan dari Mianggas hingga Rote tepat di hari kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia.

Secara terpusat, pengibaran sang merah putih dilaksanakan di Pulau Putri Kepulauan Seribu dan diikuti oleh 828 penyelam.

Baca Juga: Ini Momen Elang-elang TNI AU Flypast dan Ucapkan Hut ke-77 Kemerdekaan RI dari Dalam Kokpit F 16

Selain penyelam terbaik TNI Angkatan Laut, pengibaran bendera merah putih di dasar laut juga diikuti oleh segenap elemen bangsa.

Mulai dari pemerintah daerah, organisasi masyarakat, klub selam, dan awak media.

Dalam video yang disaksikan KOMPAS TV, seruan untuk hormat saat bendera merah putih dikibarkan terdengar sangat jelas meski di dasar laut.

“Dari 77 titik dasar laut nusantara, saya Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono beserta seluruh prajurit Jalasena Samudera mengucapkan Dirgahayu ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Laksamana Madya Heri.

“Membangun kejayaan maritim untuk Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Justru di laut kita jaya. Jalesveva Jayamahe.”

Baca Juga: Tim Pancasila Tangguh yang Kibarkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka, dari Pelajar hingga Jenderal

TNI AL pun menunjukkan bukti pengibaran bendera merah putih dari dasar laut melalui video dari Perairan Karakelang, Kepulauan Talaud.

Ada juga dari ujung timur Indonesia, Perairan Rawa Biru, Merauke. Lalu ada juga dari perairan Pulau Sabang, Sabang yang merupakan ujung barat Indonesia.


 

Bagi TNI AL, luasnya lautan nusantara adalah bukti kejayaan perjuangan pahlawan bangsa Indonesia dengan berjuta kekayaan di dalamnya, harus tetap terjaga keutuhannya.

Tidak hanya prajurit Jalasena Samudra TNI Angkatan Laut adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan dari dasar samudra hingga permukaan laut Nusantara demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x