Kompas TV nasional sosial

Dear Bonge Cs, Polisi Sebut Citayam Fashion Week Langgar UU Lalu Lintas Loh, Ini Alasannya

Kompas.tv - 23 Juli 2022, 08:10 WIB
dear-bonge-cs-polisi-sebut-citayam-fashion-week-langgar-uu-lalu-lintas-loh-ini-alasannya
Sejumlah remaja ABG tengah berjalan bak di catwalk dalam pertunjukan fashion show di zebra cross yang dijuluki Citayam Fashion Week di kawasan Dukuh Atas, Jakarta. Polisi menyebut Citayam Fashion Week melanggar aturan lalu lintas. (Sumber: KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polisi menyebut Citayam Fashion Week melanggar aturan. Kegiatan di Kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat yang tengah jadi sorotan dan perbincangan itu disebut melanggar UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Menurut polisi, bentuk pelanggaran lantaran kegiatan bak fashion show itu dilakukan di zebra cross atau tempat penyeberangan jalan.

"Mereka menggunakan zebra cross untuk melakukan aktivitas. Ini tentunya melanggar aturan, UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, salah satunya termasuk ketertiban umum," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin kepada wartawan, Jumat (22/7/2022), dikutip Kompas.com.

Ia menyebut kegiatan tersebut mengundang kerumunan massa di lokasi. Bahkan, kegiatan tersebut berkembang menjadi sebuah kegiatan yang disebut mengganggu saat menggunakan fasilitas umum.

Baca Juga: Anies Tegaskan Belum Ada Larangan Gelar Citayam Fashion Week di Zebra Cross Dukuh Atas

Adapun Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Purwanta juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut tidak diperbolehkan jika digelar di trotoar. Sebab, akan menganggu arus lalu lintas.

"Enggak boleh lah. Lazimnya untuk pejalan kaki, memperindah tempat bukan untuk kegiatan kegiatan lain," sambung Purwanta.

"Trotoar tidak boleh digunakan untuk kegiatan apapun selain sirkulasi orang lalu lintas enggak boleh. Terurai jelas di UU LLAJ."


Melansir Tribunnews, ramai diperbincangkan di media sosial soal istilah Citayam Fashion Week.

Istilah ini merujuk pada sejumlah remaja ABG dari berbagai daerah yang kerap beradu gaya dan fashion di zebra cross kawasan Dukuh Atas atau tepatnya di Jalan Tanjung Karang yang berada di kawasan Sudirman

Kini kawasan Sudirman semakin ramai dikunjungi oleh para remaja ABG dari berbagai daerah.
Kegiatan remaja ABG ini sekedar untuk nongkrong hingga membuat konten.

Baca Juga: Citayam Fashion Week, Wagub DKI Minta Anak-anak Pulang Maksimal Jam 10 Malam

Salah satunya adalah Bonge yang mendadak tenar setelah aksinya di acara Citayam Fashion Week kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat viral di media sosial.

Bonge pun saat ini menjadi salah satu ikon dari Citayam Fashion Week.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com, Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x