Kompas TV internasional kompas dunia

Mengejutkan, Sampah Manusia Telah Ditemukan di Mars

Kompas.tv - 18 Juni 2022, 20:06 WIB
mengejutkan-sampah-manusia-telah-ditemukan-di-mars
Penampakan sampah manusia berupa selimut thermal yang ditangkap kamera oleh robot penjelajah Nasa Perseverance. (Sumber: NASA Perserve)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sampah manusia ditemukan tergeletak di permukaan Planet Mars. NASA mengungkapkan, sampah tersebut tertangkap kamera oleh robot penjelajah Perseverance Mars Rover.

Sampah yang ditemukan tersebut berupa lapisan foil yang masih mengkilap. Diperkirakan, benda tersebut berfungsi sebagai selimut termal yang digunakan untuk mengontrol suhu.

"Tim saya telah melihat sesuatu tidak terduga: ini adalah bagian dari selimut termal yang mereka pikir mungkin berasal dari tangga turun saya, paket jet bertenaga roket yang menurunkan saya pada hari pendaratan di tahun 2021,” cuit akun Nasa Perseverance Rover, Kamis (16/6/2022).

Diketahui, wahana penjelajah Mars, Perseverance digunakan dalam misi di Planet Mars 2020 silam. Misi robot tersebut adalah berburu tanda-tanda kehidupan mikroba di dekat lokasi pendaratannya, yakni Kawah Jezero.

Baca Juga: NASA: Letusan Gunung Api Tonga Berkekuatan Lebih dari 600 Kali Ledakan Bom Atom Hiroshima

"Mengejutkan menemukan (sampah manusia) ini di sini (Planet Mars)," lanjut cuitan tersebut.

Penemuan sampah manusia tersebut tak jauh dari lokasi robot penjelajah mendarat. Jarak penemuannya terbilang cukup dekat, yakni sekitar 2 kilometer dari titik pendaratan.

"Apakah potongan (selimut termal) ini mendarat di sini setelah itu (penurunan robot tersebut), atau tertiup angin ke sini?" tanya mereka.

Dilaporkan Kompas.com, penemuan potongan yang diduga sampah dari manusia di Mars bukanlah hal baru. Benda yang diduga sampah tersebut juga ditemukan pada April lalu.

Baca Juga: Wahana Penjelajah Perseverance Milik NASA Lakukan Penjelajahan Pertama di Planet Mars

"Perseverance memiliki data pendaratan Mars yang terdokumentasi terbaik dalam sejarah, dengan kamera menunjukkan segalanya mulai dari mengembangnya parasut sampai pendaratan,” kata Ian Clark, mantan insinyur sistem Perseverance.

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x