Kompas TV nasional peristiwa

Zulkifli Hasan Pede Atasi Masalah Minyak Goreng: Pengalaman Saya Panjang, Tentu akan Banyak Bantu

Kompas.tv - 15 Juni 2022, 17:05 WIB
zulkifli-hasan-pede-atasi-masalah-minyak-goreng-pengalaman-saya-panjang-tentu-akan-banyak-bantu
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Sumber: Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan percaya diri pengalaman yang dimilikinya dapat membantu pemerintah untuk mengatasi persoalan minyak goreng.

Pernyataan itu disampaikan Zulkifli Hasan seusai dilantik sebagai Menteri Perdagangan oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (15/6/2022).

“Ini tugas amanah besar hari ini, soal minyak goreng yang belum tuntas. Kasihan rakyat kalau ini tidak kita selesaikan cepat,” ucap Zulhas.

Dalam keterangannya, Zulhas kemudian menyampaikan terima kasih kepada Muhammad Lutfi yang pernah memimpin Kementerian Perdagangan hingga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang sebelumnya mengatasi persoalan minyak goreng.

Baca Juga: Jokowi Beberkan Alasan Pilih Zulkifli Hasan Jadi Mendag: Masalah Pangan Perlu Pengalaman Lapangan

“Saya apresiasi yang sudah dikerjakan Luhut dan Lutfi. Saya kira background pengalaman saya yang panjang tentu akan banyak bantu. Nanti segera selesaikan ketersediaan minyak goreng di sini. Harga terjangkau itu yang paling penting,” ujarnya.


Sebelumnya, Presiden Jokowi menekankan kepada Zulkifli Hasan agar mampu memimpin Kementerian Perdagangan dengan mengatasi persoalan bukan hanya dari sisi makro, tetapi juga mikro.

“Kita lihat semuanya rekam jejak, pengalaman, terutama untuk skill managerial, karena sekarang bukan hanya makro, tetapi mikronya harus secara detil dikerjakan,” ucap Jokowi.

“Saya lihat Pak Zul dengan pengalaman, rekam jejak panjang akan sangat bagus untuk Mendag. Karena sekarang ini, masalah pangan memerlukan pengalaman lapangan, kerja-kerja yang terjun ke lapangan, melihat langsung utamanya berkaitan kebutuhan pokok pangan,” tutur Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Lantik 2 Menteri dan 3 Wamen untuk Kabinet Indonesia Maju

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi mengingatkan Zulkifli Hasan bahwa urusan ekspor memang penting. Tetapi, sambungnya, urusan di dalam negeri juga patut dijaga.

“Kalau urusan ekspor urusan Mendag, tetapi yang lebih penting urusan di dalam negeri, harus bisa kita jaga,” ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, Zulkifli Hasan baru saja dilantik sebagai Menteri Perdagangan. Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64/B Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x