Kompas TV nasional berita utama

Jokowi ke Wakatobi, 4.500 Personel Gabungan TNI-Polri Disiagakan

Kompas.tv - 9 Juni 2022, 08:35 WIB
jokowi-ke-wakatobi-4-500-personel-gabungan-tni-polri-disiagakan
Presiden Jokowi memberikan sambutan di Global Platform for Disaster Risk Reduction, Bali, Rabu (25/5/2022). (Sumber: Tangkapan layar YouTube Kompas TV/Ninuk)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

WAKATOBI, KOMPAS.TV- Kepala Seksi Operasi Korem 143/Haluoleo Letkol Inf. Rizal di Wakatobi mengatakan, sebanyak 4.500 personel gabungan TNI-Polri disiagakan mengawal kunjungan kerja Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, hari ini, Kamis (9/6/2022).

Ribuan personel tersebut, nantinya akan melakukan pengamanan di dua daerah, yakni Kota Kendari dan Kabupaten Wakatobi.

“Keseluruhan personel gabungan yang terlibat dalam pengamanan kedatangan Presiden di Sultra sebanyak 4.500 orang, di Kendari 1.500 dan di Wakatobi 3.500 personel,” kata Rizal.

Nantinya, sambung Rizal, personel gabungan akan melakukan pengamanan jalur dan tempat yang dikunjungi Presiden Jokowi dan Iriana.

“Ada tujuh titik lokasi pengamanan Presiden, di antaranya Bandara Mataharo Wakatobi, Marina Togo, Kampung Mola, Pasar Pagi, Patuno Resort,” tambahnya.

Baca Juga: Petinggi PDIP Sebut Tidak Ada yang Perlu Ditepis dari Pertemuan Jokowi-Megawati

Menurut Rizal, pengamanan diberikan agar selama Presiden Jokowi berkegiatan di Wakatobi berjalan lancar tanpa hambatan.

“Yang jadi atensi, yang jelas presiden harus aman, berhasil, tertib, tidak ada apa-apa; tapi tidak mengurangi kedekatan Presiden dengan masyarakat,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Widodo akan mengunjungi Marina Togo Mowondu untuk menghadiri sekaligus membuka Pertemuan Puncak Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA Summit) 2022.

“Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo pagi ini, Kamis, 9 Juni 2022, bertolak menuju Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat ATR melalui Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan, sekitar pukul 07.40 WITA,” demikian keterangan Biro Pers.

“Setibanya di Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana langsung menuju Marina Togo Mowondu untuk menghadiri sekaligus membuka Pertemuan Puncak Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA Summit) 2022.”

Setelahnya, Presiden dan Ibu Iriana akan menuju Kampung Mola untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat.

“Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga akan mengendarai motor listrik untuk menuju lokasi penyerahan sertifikat di Kampung Mola,” sebut Biro Pers.

Baca Juga: Jokowi: Megawati Seperti Ibu Saya Sendiri

Usai penyerahan sertifikat, Presiden dan rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Pasar Pagi untuk menyerahkan bantuan sosial kepada para penerima manfaat.

“Selanjutnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana diagendakan untuk meresmikan sejumlah pelabuhan dan kapal motor penumpang (KMP) yang dipusatkan di Dermaga Rakyat Wanci,” sebut Biro Pers.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerja di Kabupaten Wakatobi, Presiden dan Ibu Iriana akan melakukan pelepasan tukik di Patuno Resort bersama masyarakat sekitar Kabupaten Wakatobi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x