Kompas TV nasional berita utama

Ada 85,5 Juta Pemudik, Jokowi: Jangan Semuanya Balik Sabtu dan Minggu, Pasti Macet

Kompas.tv - 2 Mei 2022, 14:40 WIB
ada-85-5-juta-pemudik-jokowi-jangan-semuanya-balik-sabtu-dan-minggu-pasti-macet
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan memenuhi kebutuhan pokok rakyat adalah prioritas yang lebih penting daripada devisa. (Sumber: YT Sekretariat Presiden)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang mudik pada Lebaran 2022 untuk melakukan perjalanan balik lebih awal.

Pasalnya, jumlah pemudik tahun ini mencapai 85,5 juta orang. Selain itu, aktivitas mudik Lebaran juga melibatkan 23 juta mobil, dan 17 juta sepeda motor.

"Jumlah yang betul-betul banyak sekali sehingga saya mengimbau untuk kembalinya agar juga ada yang lebih awal,” ujar Presiden Jokowi sebagaimana keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin (2/5/2022).

Lebih lanjut, Jokowi menyarankan agar para pemudik menghindari melakukan perjalanan balik dari kampung halaman pada Sabtu dan Minggu.

Baca Juga: Sultan Hamengku Buwono X Ungkap Isi Pertemuan dengan Presiden Jokowi, Ini Katanya

“Jangan semuanya nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan hari Minggu, pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol, maupun di jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni," tandasnya.

Apalagi, kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu, volume kendaraan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni tidak sebanding dengan kapasitas dermaga.

"Memang volume kendaraannya yang terlalu banyak, tidak sesuai dengan kapasitas dermaga, tidak sesuai dengan kapasitas kapal yang ada,” katanya.

“Tetapi memang kapalnya sudah disiapkan, ditambah, dari 30-an menjadi 50-an, tetapi juga belum cukup. Tambah lagi dermaganya dua lagi, baru bisa mengurangi," jelasnya.

Baca Juga: Usai Bersilaturahmi dengan Jokowi dan Megawati, Prabowo Temui Khofifah

Dalam keterangannya, Presiden Jokowi bersyukur pelaksanaan salat Idulfitri 1443 hijriah yang dilaksanakan di halaman Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Senin, berjalan dengan baik dan lancar.

"Alhamdulillah tadi salat id di Gedung Agung, di Istana, berjalan dengan baik, semuanya lancar dan alhamdulillah kita semuanya bisa melaksanakan Idulfitri tahun ini,” katanya.

“Tadi pagi juga kita pantau di semua kota, semua provinsi, semuanya berjalan dengan baik, alhamdulillah," tambahnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x