Kompas TV cerita ramadan amalan

Bacaan Doa Buka Puasa yang Diajarkan Rasulullah Disertai Adabnya

Kompas.tv - 28 April 2022, 16:31 WIB
bacaan-doa-buka-puasa-yang-diajarkan-rasulullah-disertai-adabnya
Ilutrasi Ramadan. Berikut ini merupakan doa buka puasa yang diajarkan Rasulullah, beserta adab beliau (Sumber: mohamed_hasan/pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Berikut ini merupakan bacaan doa buka puasa yang diajarkan Rasulullah SAW. Selain itu, pernah kita bertanya, kenapa sih Rasulullah menjadikan kurma sebagai favorit saat berbuka puasa? 

Dikutip dari buku Buka Puasa bersama Rasulullah (Akbar Media, 2010) karya Muhammad Ridho al-Thurisnai tentang bagimana puasa-puasa Nabi, disebutkan tentang kebiasaan beliau ini ketika berbuka puasa. 

Bahkan, ada jenis kurma yang digemari Nabi. Kurma itu sering disebut dengan Ruthab, jenis kurma yang masih basah dan segar, serta tak lama dipetiknya. 

"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air." (HR. Ahmad, Abu Dawud).

Lantas, bagaimana adab buka puasa yang dijarkan beliau? 

Adab pertama yang diajarkan Nabi adalah menyegerakan berbuka. Berbeda saat sahur, Rasul mengajurkan justru diakhirkan saja. 

"Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka". (HR Ibnu Majah)

Lalu, setelahnya Nabi berdoa sebelum memakan hidangan berbuka puasa.  

"Apabila seorang dari kalian berbuka puasa, hendaklah dia berbuka dengan kurma. Sesungguhnya, kurma itu adalah (mengandung) berkah. Apabila tidak mendapatkan kurma, maka hendaklah dia berbuka dengan air. Sesungguhnya air itu suci". (HR Abu Daud). 

Itulah ajaran Rasulullah untuk berbuka puasa dan baiknya kita ikuti sebagai bagian dari sunah Nabi. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x