Kompas TV bisnis bumn

Hari Ini Pelita Air Terbang Perdana Jakarta-Bali, Segini Harga Tiketnya

Kompas.tv - 28 April 2022, 12:31 WIB
hari-ini-pelita-air-terbang-perdana-jakarta-bali-segini-harga-tiketnya
Pesawat Pelita Air tipe Airbus A320. Pelita Air melakukan penerbangan reguler perdana dengan rute Jakarya-Bali pada Kamis (28/4/2022). (Sumber: Pelita Air )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

TANGERANG, KOMPAS.TV - Mulai hari ini, Kamis (28/4/2022), Pelita Air resmi melayani penerbangan reguler dengan rute Jakarta-Bali. Penerbangan perdana Pelita Air dilakukan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang menuju Bandara Ngurah Rai, Denpasar.

Menggunakan pesawat Airbus A320, Pelita Air terbang pada pukul 9.20 WIB dan tiba di Bali pukul 12.10 WITA. Direktur Utama Pelita Air Dendy Kurniawan menyatakan, ada 109 penumpang yang diangkut pesawat tersebut.

Mereka membeli tiket seharga Rp1,68 juta untuk sekali jalan, dengan  tujuan Bali di momen arus mudik lebaran ini.

"Hari ini load 109 penumpang, lumayan animonya. Meski belum 100 persen, karena ini kan baru perdana. Hari ke depan akan semakin tinggi," kata Dendy kepada wartawan di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (28/4/2022).

Baca Juga: Pintu Bagasi Garuda Terbuka Saat akan Take Off, Ini Penjelasan Dirut

Di tahap awal, Dendy menargetkan Pelita Air mengisi kekosongan kapasitas penerbangan yang berkurang di tengah pandemi COVID-19. Ia yakin Pelita Air mampu bersaing karena memberikan harga tiket yang kompetitif.

"Kita akan berikan kapasitas dengan harga terjangkau. Karena ini kan lebaran kekurangan kapasitas," ucapnya.

Dalam acara pelepasan penerbangan perdana, turut hadir Menteri BUMN Erick Thohir. Ia menyebut, Pelita Air yang merupakan anak usaha Pertamina, akan fokus pada pasar domestik.

Erick menjelaskan, pasar penerbangan domestik Indonesia sangat menjanjikan. Sebelum COVID-19, 72 persen pangsa pasar industri pariwisata Indonesia merupakan wisatawan domestik, sementara 28 persen adalah mancanegara.

Baca Juga: Tol Terpanjang di Indonesia Dibangun Akhir 2022, Panjang 206 Km dan Butuh Dana Rp56 T

"Saya minta dan mengharuskan Pelita adalah yang akan menjadi salah satu tulang punggung pembangunan industri domestic flight," ujar Erick.

"Ini catat ya, kalau izin internasional jangan dikeluarin, ini untuk domestik. Kita jangan out of focus, marketnya besar tapi kita tidak prioritaskan," ujarnya.

Sepertinya, Erick tidak ingin kesalahan Garuda Indonesia diulangi Pelita Air. Ia pernah mengatakan, kinerja keuangan Garuda Indonesia berantakan saat mulai ekspansi ke rute-rute internasional.

Baca Juga: Penumpang Garuda Kini Bisa Nikmati Rute Internasional dengan Maskapai Emirates

Ia pun berpesan, jika Pelita Air ingin tumbuh menjadi maskapai yang besar, harus dikelola dengan baik.

"Kesalahan yang sudah terjadi di tempat lain tidak boleh terulang di sini, kalau terulang saya tidak segan-segan, kalau terulang saya yang laporin langsung," katanya.



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x