Kompas TV bisnis bumn

Pintu Bagasi Garuda Terbuka Saat akan Take Off, Ini Penjelasan Dirut

Kompas.tv - 28 April 2022, 11:37 WIB
pintu-bagasi-garuda-terbuka-saat-akan-take-off-ini-penjelasan-dirut
Foto yang dibagikan warga Twitter @wirandhika_25 memperlihatkan pintu bagasi di bodi belakang sebelah kanan pesawat Garuda Indonesia GA 309 rute Surabaya-Jakarta, masih terbuka. Sementara seorang petugas berompi berlari menuju pesawat (27/4/2022). (Sumber: Tangkapan layar dari unggahan Twitter @wirandhika_25)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang pengguna Twitter mengunggah foto pesawat Garuda Indonesia dengan pintu bagasi yang masih terbuka, saat akan lepas landas di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (27/4/2022). Unggahan itu kemudian viral, dengan lebih dari 1.550 retweets dan 4.766 likes.

Warga Twitter dengan akun @wirandhika_25 mengaku sebagai penumpang pesawat GA 309 dengan rute Surabaya-Jakarta itu. Foto tersebut diambil oleh rekannya, yang bertemu dengannya di Bandara Juanda.

"Dear, @IndonesiaGaruda ini pesawat saya tadi GA 309 SUB-CGK PK-GFJ. Posisi pesawat siap taxi dan siap take off tapi pintu bagasi belum tertutup, untung ada petugas yang sadar lari ke pesawat. Mohon untuk dibenahi lagi, ini masalah keselamatan banyak orang," cuit @wirandhika_25 dikutip Kamis (28/4/2022).

"Menjawab pertanyaan beberapa orang yang bingung kenapa bisa foto pesawat sedangkan saya sudah boarding, jadi kebetulan sebelum boarding saya bertemu dengan teman saya di bandara juanda. Kami sempat ngobrol sebentar sebelum saya boarding, dan foto ini teman saya yang fotokan," ujarnya.

Baca Juga: Pelita Air akan Terbang Perdana Rute Jakarta-Bali Pada 28 April 2022

Menanggapi hal itu, Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pemeriksaan lanjutan atas temuan tersebut.

Irfan mengatakan, pintu kompartemen kargo pada pesawat diketahui belum sepenuhnya tertutup ketika pesawat akan didorong mundur dari posisi parkirnya (push back) menuju area landasan (taxiway) sebelum lepas landas.

"Penerbangan yang terjadwalkan berangkat pada hari Rabu (27/4) pukul 11.25 waktu setempat telah melakukan prosedur boarding secara normal sesuai dengan standar operasional yang berlaku," kata Irfan dalam keterangan tertulis kepada KOMPAS TV, Kamis (28/4/2022).

Namun, ketika pesawat bersiap untuk pushback, petugas avsec melihat terdapat pintu kompartemen kargo pesawat yang belum tertutup dengan sempurna.

Baca Juga: Terapkan Fuel Surcharge Di Tiket Pesawat, Dirut Garuda Indonesia Sebut Harga Tetap Kompetitif

Kondisi tersebut juga terlihat oleh Pilot melalui indikator di cockpit  yang kembali menyala dan  menunjukkan kompartemen pintu kargo yang belum tertutup rapat.

Hal tersebut kemudian diteruskan kepada petugas ramp check dan ground handling untuk selanjutnya dilakukan penutupan pintu kompartemen kargo pesawat sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Petugas juga turut melakukan pengecekan berulang dan menyeluruh, guna memastikan seluruh pintu pesawat sudah dalam kondisi tertutup dengan baik sebelum pesawat lepas landas," ujar Irfan.

Atas temuan ini, Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi dan evaluasi lebih lanjut secara internal maupun bersama stakeholders layanan kebandarudaraan terkait, guna mengoptimalkan langkah dan upaya corrective action untuk mencegah peristiwa serupa terulang kembali.

Baca Juga: Harga Tiket Bus Hingga Pesawat Meroket, Mudik Gratis dan Mudik Pakai Motor Jadi Pilihan

Adapun penerbangan GA 309 telah mendarat dengan normal dan lancar di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 13.20 waktu setempat.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami penumpang pada penerbangan tersebut," tutur Irfan.

"Tentunya peristiwa ini menjadi evaluasi dan catatan penting bagi kami dalam memastikan tata kelola safety pada seluruh lini operasi berjalan dengan maksimal melalui berbagai inisiatif perbaikan layanan yang akan terus kami optimalkan kedepannya," kata dia.

Ia menegaskan, Garuda Indonesia selalu mengedepankan komitmen keselamatan dan keamanan penerbangan pada seluruh lini operasional layanan Garuda Indonesia.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x