Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tol Terpanjang di Indonesia Dibangun Akhir 2022, Panjang 206 Km dan Butuh Dana Rp56 T

Kompas.tv - 28 April 2022, 07:25 WIB
tol-terpanjang-di-indonesia-dibangun-akhir-2022-panjang-206-km-dan-butuh-dana-rp56-t
Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) (Sumber: PT Waskita Karya Tbk.)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah akan mulai membangun jalan tol terpanjang di Indonesia, Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci), mulai akhir tahun 2022 ini. Tol tersebut memiliki panjang 206 kilometer. Menjelang groundbreaking, sejumlah proses sudah dilakukan oleh Jasa Marga yang akan menjadi pengelola tol.

Untuk tahap awal, pembangunan akan difokuskan pada ruas tol tahap 1, yaitu Gedebage-Tasikmalaya.

Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan, Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) tol ini sudah ditandatangani. Sehingga saat ini, pembangunan tol dalam tahap penyiapan rencana teknik akhir.

"Prosesnya saat ini karena baru ditandatangani perjanjian pengusahaan jalan tolnya saat ini masih proses untuk penyiapan rencana teknik akhir. Dan kontruksinya kita rencanakan pada awal tahun 2023. Jadi mungkin pada akhir 2022, atau pada awal 2023," kata Agus Setiawan, dalam konferensi pers yang dipantau secara virtual, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga: Pelita Air akan Terbang Perdana Rute Jakarta-Bali Pada 28 April 2022

Salah satu proses yang juga sedang dijalani, adalah pembahasan pembiayaan dengan perbankan.

"Ini masih banyak yang harus disiapkan untuk Gedebage-Tasik ini tahap 1 selain rencana teknik akhir masih dalam proses, juga tentu kami akan mulai pembahasan dengan perbankan untuk mendapatkan pembiayaan," tutur Agus.

"Sebagaimana temen-temen ketahui kalau pembiayaan jalan tol 30 persen dari para pemegang saham, 70 persennya dari pembiayaan yang diberikan oleh perbankan," tambahnya.

Agus menjelaskan, pembangunan tol terpanjang itu dilakukan secara bertahap, agar lebih fokus dalam pengerjaan konstruksi dan mencari sumber dana.

Baca Juga: 2 Tahun Dilarang, Ini Kesiapan Jalan Tol dan Jalan Nasional untuk Mudik 2022



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x