Kompas TV internasional kompas dunia

Bentrokan di Kompleks Masjid Al-Aqsa Lukai 10 Pengunjuk Rasa

Kompas.tv - 17 April 2022, 18:40 WIB
bentrokan-di-kompleks-masjid-al-aqsa-lukai-10-pengunjuk-rasa
Warga Palestina yang menunggu izin masuk ke kompleks Masjid al Aqsa di Yerusalem, Minggu, 17 April 2022. Bentrokan antara demonstran Palestina dan polisi Israel melukai sepuluh pengunjuk rasa, Minggu pagi (17/4/2022). Bentrokan terjadi di dalam dan sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, tempat terjadinya bentrokan besar dua hari sebelumnya. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Bentrokan antara demonstran Palestina dan polisi Israel melukai sepuluh pengunjuk rasa, Minggu pagi (17/4/2022). Bentrokan terjadi di dalam dan sekitar kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, tempat bentrokan besar dua hari sebelumnya.

Seperti laporan Straits Times, pada Minggu pagi, "ratusan" demonstran Palestina mulai mengumpulkan tumpukan batu, tak lama sebelum kedatangan pengunjung Yahudi ke lokasi tersebut, kata polisi Israel.

Orang-orang Yahudi diperbolehkan pada waktu-waktu tertentu untuk masuk, tetapi tidak untuk berdoa, di situs yang juga dikenal sebagai Temple Mount, tempat tersuci dalam Yudaisme dan ketiga tersuci dalam Islam dan disebut Haram al Sharif.

Polisi mengatakan pasukannya memasuki kompleks tersebut untuk "mengusir" para pengunjuk rasa dan "menegakkan kembali ketertiban".

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan petugas medisnya merawat sepuluh orang yang terluka.

"Delapan orang terluka dalam serangan (polisi) dan dua lainnya oleh peluru berlapis karet," katanya, seraya menambahkan tiga dibawa ke rumah sakit.

Baca Juga: Israel Akan Izinkan Perempuan, Anak dan Laki-laki Palestina Salat di Masjid Al Aqsa

Umat Muslim hari Kamis, (8/4/2022) berkumpul di dekat Kubah Batu Emas atau Qubbat al-Makhrah di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem untuk menikmati suasana berbuka puasa yang meriah, serta salat maghrib di bulan Ramadan (Sumber: AP Photo/Mahmoud Illean)

Media di dekat pintu masuk kompleks melihat ambulans, polisi bersenjata lengkap dan balok beton yang hancur berkeping-keping.

Di tempat lain di kota tersebut, pemuda Palestina melemparkan batu ke bus yang lewat, membuat lima orang Israel luka ringan, menurut media lokal dan polisi, yang mengatakan mereka menangkap dua warga Palestina.

Baca Juga: Palestina Sebut Serbuan Israel ke Al-Aqsa Setara Deklarasi Perang, Minta Intervensi Internasional



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x