Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Akan Izinkan Perempuan, Anak dan Laki-laki Palestina Salat di Masjid Al Aqsa

Kompas.tv - 6 April 2022, 09:15 WIB
israel-akan-izinkan-perempuan-anak-dan-laki-laki-palestina-salat-di-masjid-al-aqsa
Masjid Al Aqsa di Yerusalem. Israel izinkan perempuan, anak-anak dan laki-laki Palestina di atas 40 tahun untuk salat di Masjid Al Aqsa, dalam upaya meredakan ketegangan selama Ramadan tahun ini. (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

YERUSALEM, KOMPAS.TV — Israel akan memberi izin perempuan, anak-anak, dan laki-laki usia Palestina di atas 40 tahun untuk melakukan salat di Masjid Al-Aqsha setiap hari Jumat, dalam upaya membantu meredakan ketegangan selama bulan suci Ramadhan, seperti dilansir Associated Press, Rabu (6/4/2022)

Pemerintah pendudukan Israel dalam sebuah pernyataan mengatakan mereka dapat lebih melonggarkan pembatasan jika keadaan tetap tenang.

Penggunaan insentif di sekitar Masjid Al Aqsa, yang dibangun di atas kompleks puncak bukit yang dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount kota Yerusalem atau Baitul Maqdis, muncul setahun setelah gejolak yang menyebabkan perang Israel-Gaza pada bulan Mei.

Tahun ini, Israel dalam siaga tinggi setelah tiga serangan oleh warga Palestina di Israel dalam beberapa pekan terakhir menewaskan 11 warga Israel.

Serangan itu menimbulkan pertanyaan tentang apakah aturan baru akan dibatalkan, tetapi pemerintah koalisi baru Israel berusaha untuk menghindari terulangnya kekerasan tahun lalu dengan serangkaian insentif.

Menteri Pertahanan Benny Gantz mengatakan dia akan mempertimbangkan pelonggaran pembatasan lebih lanjut minggu depan jika keadaan tetap tenang.

“Seiring dengan langkah-langkah sipil yang kami ambil mulai minggu ini menuju Ramadan, yang akan kami kembangkan jika stabilitas keamanan terwujud, kami akan terus melakukan apa pun untuk mewujudkan kehidupan yang normal kepada semua orang dan untuk melindungi warga Israel dari terorisme,” kata Menteri Pertahanan Benny Gantz.

Baca Juga: Tensi Memanas, Israel Terjunkan Ribuan Polisi ke Yerusalem Timur Jelang Ramadan

Dua warga Palestina memasang hiasan di jalanan Yerusalem untuk memperingati bulan Ramadan, Jumat (1/4/2022). Israel izinkan perempuan, anak-anak dan laki-laki usia tertentu untuk salat di Masjid Al Aqsa, dalam upaya meredakan ketegangan selama Ramadan tahun ini. (Sumber: Mahmoud Illean/Associated Press)

Di bawah aturan baru oleh penghubung kementerian untuk Palestina, perempuan Palestina dari Tepi Barat yang diduduki akan mendapat izin masuk Israel tanpa harus memiliki izin untuk salat hari Jumat di Masjid Al-Aqsa.

Laki-laki Palestina di atas usia 50 dan di bawah usia 12 akan mendapat izin masuk untuk salat, sementara laki-laki berusia antara 40 dan 49 tahun yang memiliki izin juga akan diizinkan masuk.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x