Kompas TV internasional kompas dunia

Palestina Sebut Serbuan Israel ke Al-Aqsa Setara Deklarasi Perang, Minta Intervensi Internasional

Kompas.tv - 16 April 2022, 04:00 WIB
palestina-sebut-serbuan-israel-ke-al-aqsa-setara-deklarasi-perang-minta-intervensi-internasional
Warga Palestina di Jalur Gaza mengelar aksi solidaritas atas sederet tindak kekerasan aparat Israel belakangan ini di Tepi Barat dan Yerusalem, termasuk serbuan ke kompleks Al-Aqsa pada Jumat (15/4/2022). (Sumber: Adel Hana/Associated Press)

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Otoritas Palestina meminta komunitas internasional mengintervensi ketegangan di kompleks Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, usai insiden kekerasan pecah pada Jumat (15/4/2022). Palestina khawatir insiden serbuan polisi Israel tersebut bisa membuat situasi tak terkontrol.

Hal tersebut disampaikan juru bicara presiden Palestina, Nabil Abu Rudeineh, Jumat (15/4/2022). Ia menyamakan serbuan polisi Israel ke masjid dengan “deklarasi perang”.

“Tindakan polisi Israel, yang menginvasi kompleks Masjid Al-Aqsa dan Masjid Al-Qibli sama saja deklarasi perang terhadap bangsa Palestina,” kata Rudeineh kepada kantor berita WAFA via TASS.

“Intervensi segera dari komunitas internasional dibutuhkan untuk menghentikan agresi ke Masjid Al-Aqsa ini dan mencegah situasi memanas hingga tak terkendali,” imbuhnya.

Baca Juga: Tentara Israel Serang Muslim Palestina yang Akan Salat Subuh di Masjid Al-Aqsa

Aparat kepolisian Israel diketahui menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa pada Jumat (15/4) subuh. Polisi menembakkan peluru karet dan granat kejut ke jemaah, sedangkan warga Palestina membalas dengan lemparan batu.

Kepolisian Israel mengaku menangkap “ratusan” warga Palestina terkait insiden kekerasan di Masjid Al-Aqsa.

Menurut laporan Associated Press, lebih dari 150 warga Palestina terluka akibat serbuan ini.

Imam Masjid Al-Aqsa Syaikh Ekrima Sa'id Sabri menyebut kekerasan diprovokasi oleh pemukim Yahudi, lalu diperparah dengan kehadiran aparat Israel.

Setelah insiden penyerbuan polisi Israel pada pagi hari, situasi kompleks Masjid Al-Aqsa berangsur mulai normal dan telah dibuka kembali. Sekitar 60.000 orang dilaporkan menghadiri ibadah salat Jumat di Al-Aqsa.

Baca Juga: Detik-detik Bentrok di Masjid Al-Aqsa, Polisi Israel Datangi Masjid Saat Salat Subuh


 



Sumber : TASS/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x