Kompas TV nasional peristiwa

Catat! 6 Fenomena Langit selama Ramadan Tahun Ini, Ada Konjungsi Planet-planet hingga Hujan Meteor

Kompas.tv - 2 April 2022, 09:40 WIB
catat-6-fenomena-langit-selama-ramadan-tahun-ini-ada-konjungsi-planet-planet-hingga-hujan-meteor
Foto ilustrasi fenomena konjungsi benda-benda di antariksa. Pada April 2022 atau Ramadan 1443 Hijriah ini, bakal ada beberapa fenomena antariksa yang menghiasa langit. Mulai dari konjungsi planet-planet, hujan meteor, hingga elongasi. (Sumber: NASA/Fernando Rey)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Banyak fenomena langit yang bakal menghiasai langit April 2022 ini seiring dengan berjalannya bulan Ramadan 1443 Hijriah.

Melansir Kompas.com, Sabtu (2/4/2022), serangkaian fenomena langit selama Ramadan nanti meliputi konjungsi planet-planet, hujan meteor, hingga elongasi.

Lebih jelasnya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pun telah memberikan keterangan terkait fenomena-fenomena langit selama Ramadan itu.

Sebagaimana yang disampaikan oleh peneliti dari Pusat Sains dan Antariksa Organisasi Riset Penerbangan Antariksa (LAPAN) BRIN Andi Pangerang, Jumat (1/4/2022).

Baca Juga: Teleskop Antariksa James Webb Sukses Diluncurkan, Ditugaskan Mencari Tanda-Tanda Kehidupan

1. Konjungsi Superior Merkurius

Andi menyebutkan, fenomena langit di awal April atau Ramadan tahun ini adalah konjungsi superior Merkurius.

"Fenomena ini adalah periode di mana Merkurius, Matahari, dan Bumi berada dalam satu garis lurus atau pergantian visibilitas Merkurius dari fajar ke senja," kata Andi.

Sederhananya, saat fenomena itu terjadi berarti posisi Merkurius tepat di belakang Matahari yang juga tengah sejajar dengan Bumi.

Alhasil, seluruh bagian permukaan Merkurius yang menghadap Bumi akan tersinari oleh Matahari dan hal tersebut sering digambarkan serupa dengan fase purnama Bulan.

Baca Juga: BMKG Sebut Fenomena Iklim di Indonesia Kian Tak Pasti dan Cepat Berubah, Ini Sebabnya

2. Konjungsi Saturnus dan Mars

Berlanjut ke fenomena langit Ramadan tahun ini yang kedua, yaitu konjungsi Saturnus dan Mars, yang diprediksi terjadi pada 5 April 2022.

Fenomena tersebut menandakan bahwa Saturnus dan Mars bakal menempati satu garis bujur ekliptika.

Jika dilihat dari Bumi, konjungsi itu akan menunjukan, penampakan Saturnus dan Mars dalam satu titik yang sama saat malam hari.

3. Konjungsi kuartet



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x