Kompas TV internasional kompas dunia

Teleskop Antariksa James Webb Sukses Diluncurkan, Ditugaskan Mencari Tanda-Tanda Kehidupan

Kompas.tv - 26 Desember 2021, 20:35 WIB
teleskop-antariksa-james-webb-sukses-diluncurkan-ditugaskan-mencari-tanda-tanda-kehidupan
Dalam foto yang disediakan NASA, tampak Teleskop Antariksa James Webb dilepaskan di luar angkasa pada Sabtu (25/12/2021). Webb diluncurkan dari Guyana Prancis di pesisir timur laut Amerika Selatan, dengan menggunakan roket buatan Eropa, Ariane. (Sumber: NASA via AP)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Gading Persada

KOUROU, KOMPAS.TV - Roket yang membawa Teleskop Antariksa James Webb milik NASA diluncurkan dari Guyana Prancis, Sabtu (25/12/2021).

Teleskop antariksa terbesar dan paling kuat di dunia itu ditugaskan untuk melihat cahaya dari bintang-bintang dan galaksi-galaksi pertama serta mencari tanda-tanda kehidupan di alam semesta.

Teleskop observasi berbiaya 10 miliar dolar Amerika Serikat (AS) itu dikirim ke tujuannya yang berjarak 1,6 juta kilometer atau lebih dari empat kali jarak Bumi ke Bulan.

Webb membutuhkan waktu sebulan untuk tiba di tujuannya, dan lima bulan lainnya sebelum mata inframerahnya siap memindai alam semesta.

Sebelum bisa berfungsi, cermin besar dan perisai matahari teleskop Webb harus terkembang.

Cermin dan perisai tersebut dilipat dengan gaya origami agar bisa muat ke dalam hidung roket yang berbentuk kerucut.

Jika tidak terkembang, teleskop tersebut tidak akan mampu mempelajari apa yang terjadi 13,7 miliar tahun lalu seperti yang diharapkan.

Baca Juga: Mengejutkan, NASA Mempekerjakan Pendeta untuk Mempersiapkan Manusia Kontak dengan Alien

Administrator NASA Bill Nelson menyebut Webb sebagai mesin waktu yang akan memberikan "pemahaman lebih baik tentang alam semesta kita dan tempat kita di dalamnya: siapa kita, apa kita, pencarian yang abadi."

"Kita akan menemukan hal-hal yang luar biasa yang tidak pernah kita bayangkan," ujar Nelson seusai peluncuran roket, berbicara dari Pusat Antariksa Kennedy di Florida, AS.

Namun, ia mengingatkan, "Masih ada hal-hal yang tak terhitung jumlahnya yang harus berjalan dan mereka harus berjalan sempurna... kita tahu, untuk memperoleh hadiah besar, ada risiko yang besar."

Teleskop Webb, diambil dari nama Administrator NASA era 1960-an, James Webb, ditujukan untuk menjadi penerus Teleskop Antariksa Hubble yang sudah uzur.

Baca Juga: Ilmuwan NASA Ungkap Suara Misterius dari Bulan Planet Jupiter, Diduga karena Hal Ini



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x