Kompas TV internasional kompas dunia

Ilmuwan NASA Ungkap Suara Misterius dari Bulan Planet Jupiter, Diduga karena Hal Ini

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 02:05 WIB
ilmuwan-nasa-ungkap-suara-misterius-dari-bulan-planet-jupiter-diduga-karena-hal-ini
Pesawat luar angkasa Juno milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) merilis citra terbaru atmosfer Planet Jupiter yang dipenuhi pusaran badai. Juno juga merekam suara yang tertangkap di sekitar Ganymede, bulan Jupiter. (Sumber: NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Edy A. Putra

HOUSTON, KOMPAS.TV – Para ilmuwan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) baru-baru ini mengungkap rekaman suara yang tertangkap dari Ganymede, bulan Planet Jupiter. 

Pada Juni lalu, pesawat luar angkasa Juno milik NASA terbang mendekati Ganymede.

Saat mengorbit di sekitar Jupiter yang ke-38 kali, Juno melayang di sekitar Ganymede. Dengan perangkat gelombang Waves, Juno merekam gelombang radio listrik dan magnetis di lapisan magnetosfer Ganymede.

Ilmuwan NASA kemudian menggeser frekuensi rekaman tersebut untuk menghasilkan trek suara berdurasi sekitar 50 detik yang dapat didengar oleh telinga manusia.  

Rekaman suara dari sekitar Ganymede itu disebut-sebut mirip suara lonceng dan peluit bernada tinggi, seperti yang ada dalam film Star Wars.  

Baca Juga: Jupiter dan Saturnus Konjungsi Akbar Hari Senin, Paling Intim Setelah Berabad-Abad

“Jika Anda mendengarkan dengan seksama, Anda dapat mendengar perubahan mendadak ke frekuensi yang lebih tinggi di sekitar titik tegah rekaman, yang menunjukkan masuknya wilayah yang berbeda di magnetosfer Ganymede,” ujar Penyelidik Utama Juno Scott Bolton dari Institut Penelitian Southwest di San Antonio dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari laman Popular Science.

Meski analisis rekaman gelombang Ganymede masih terus berlangsung, namun dugaan tentang asal suara tersebut mencuat.

“Mungkin saja itu karena berpindah dari sisi malam ke siang hari Ganymede,” tutur William Kurth, rekan Bolton.

Ganymede merupakan bulan terbesar dalam sistem tata surya kita. Diameter ukurannya mencapai 41 persen diameter Bumi. Ganymede juga merupakan satu-satunya bulan yang memiliki medan magnet sendiri.



Sumber : Popular Science

BERITA LAINNYA



Close Ads x