Kompas TV nasional peristiwa

BMKG Sebut Fenomena Iklim di Indonesia Kian Tak Pasti dan Cepat Berubah, Ini Sebabnya

Kompas.tv - 23 Maret 2022, 12:58 WIB
bmkg-sebut-fenomena-iklim-di-indonesia-kian-tak-pasti-dan-cepat-berubah-ini-sebabnya
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut fenomena iklim Indonesia sangat kompleks dan dinamis.  (Sumber: Instagram Dwikorita Karnawati )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan letak Indonesia yang diapit oleh dua samudera dan juga dua benua ini sangat berpengaruh terhadap kondisi iklim di tanah air.

Seperti diketahui, secara geografis Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan adanya letak geografis tersebut menjadikan iklim Indonesia sangat kompleks dan dinamis.

Hal ini disampaikan Dwikorita dalam kegiatan festival sekolah lapang BMKG secara virtual, Rabu (23/3/201).

"Kondisi iklim di Indonesia sangat dipengaruhi oleh dua benua, benua Asia dan benua Australia serta Samudra Hindia dan Samudra Pasifik," kata Dwikorita. 

Menurut penjelasannya, hal itu mengakibatkan terjadinya pengendali iklim seperti El Nino, La Nina kemudian Dipole Mode dan suhu muka air laut, baik di perairan Indonesia atau pun di perairan sekitar Indonesia.

Tak hanya itu, letak geografis ini juga mengakibatkan adanya pengendali lain yakni moonson (angin muson) yang selalu bertiup ke wilayah Indonesia.

Dia mengungkapkan keseluruhan tersebut kemudian mempengaruhi variabilitas iklim di indonesia.

Baca Juga: BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Mencapai 2 Meter Lebih di Perairan Lombok Hari Ini 

Hal tersebutlah yang kemudian menjadi faktor penguat, cuaca di tanah air menjadi tidak pasti dan cepat berubah.

“Jadi, dengan letak geografis ini, fenomena iklim di Indonesia sangat kompleks beda dengan iklim yang ada di negara-negara yang berada di benua, selain sangat kompleks juga sangat tidak pasti karena sangat dinamis, mudah atau cepat mengalami perubahan," ujarnya. 

Lebih lanjut, Dwikorita mengatakan, dari kondisi cuaca yang kompleks dan tidak pasti itu saat ini juga diperparah dengan berbagai kejadian fenomena perubahan iklim global, salah satunya yakni akibat dari efek gas rumah kaca.

"Dampaknya, teman-teman klimatologi sudah mempelajari, mengkaji, kejadian ekstrem makin sering terjadi, tinggi intensitasnya dan panjang durasinya," ujarnya. 

Untuk itu, kini BMKG, lanjut dia, dipercaya oleh Badan Meteorologi Dunia untuk memantau kondisi gas rumah kaca dengan stasiun Global Atmosphere Watch (GAW) yang ada di Bukit Kototabang, Sumatera Barat.

Hal ini dilakukan guna mencegah semakin parahnya kompleksitas akibat perubahan iklim dunia.

“Ini kepercayaan dunia kepada BMKG sebagai salah satu global atmosferic watch di Bukit Kototabang telah mendeteksi adanya peningkatan signifikan konsentrasi CO2 yang ada di khatulistiwa Indonesia dalam kondisi ambien, artinya dalam kondisi yang belum tercemar, masih alamiah,” ungkap dia. 

Baca Juga: Catat! Ini Wilayah yang Diprediksi BMKG Akan Alami Musim Kemarau Lebih Kering dari Biasanya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x