Kompas TV nasional peristiwa

Banyak Pembalap MotoGP Crash di Sirkuit Mandalika, Basarnas Siapkan 2 Helikopter Medis

Kompas.tv - 20 Maret 2022, 12:37 WIB
banyak-pembalap-motogp-crash-di-sirkuit-mandalika-basarnas-siapkan-2-helikopter-medis
Basarnas siapkan dua helikopter medis untuk antisipasi terjadi insiden pebalap MotoGP crash di Sirkuit Mandalika. (Sumber: Kompas TV/Budiktista)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

MANDALIKA, KOMPAS.TV - Banyak pembalap MotoGP yang mengalami kecelakaan atau crash selama pemanasan di Sirkuit Mandalika.

Hingga kini, tercatat rider Repsol Honda Marc Marquez sudah mengalami tiga kali kecelakaan dengan yang terbaru pagi tadi Minggu (20/3/2022).

Marquez bukan satu-satunya pembalap MotoGP yang terjatuh, pemenang MotoGP Qatar Enea Bastianini juga mengalami hal serupa. 

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) telah menyiapkan dua helikopter medis untuk evakuasi.

Baca Juga: Marc Marquez Dievakuasi ke Rumah Sakit Usai Kecelakaan Fatal saat Pemanasan MotoGP Mandalika

Dua helikopter yang disiagakan Basarnas secara khusus dirancang untuk gelaran MotoGP 2022.

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Agus Haryono mengatakan, dua helikopter tersebut juga dilengkapi dengan Tim SAR yang siaga.

"Jadi kami dari Basarnas dalam rangka pengamanan even MotoGP Mandalika 2022 mengerahkan 2 helikoper untuk mensuskseskan motogp khususnya di bidang second rescue," ujar Agus kepada Jurnalis Kompas TV Budikrista di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Agus menjelaskan, dua helikopter ini dilengkapi dengan kualifikasi khusus kemampuan anggota SAR untuk mendukung keamanan di ring satu. 

"Jadi ini untuk keamanan pembalap dan ini kerjasama dengan pihak penyelenggara, Dorna Sport, ITDC dan juga rumah sakit umum provinsi," lanjutnya.

Baca Juga: Ganjar Tonton Langsung MotoGP di Sirkuit Mandalika, Sebut Kondisinya Lebih Baik Dibanding saat WSBK

Bahkan, Agus menjelaskan pihaknya sudah melakukan beberapa kali simulasi dan siap siaga di area sirkuit Mandalika.

"Tim kami sudah stanbay, kami sudah beberapa kali melakukan simulasi, tim terpadu ini kami butuh wkatu 10-11 menit sampai rumah sakit itu untuk tear satu," kata Agus.

Tidak hanya itu, Basarnas juga melakukan pengamanan di tribun penonton, area sirkuit Mandalika hingga pantai-pantai di sekitarnya.

"Bekerja sama dengan pemerintah daerah siap dukung susksesnya official tes pramusim MotoGP Mandalika," tutupnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x