Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Menginap di IKN dengan Tenda Sederhana, Ribuan Anggota TNI-Polri Amankan

Kompas.tv - 14 Maret 2022, 09:17 WIB
jokowi-menginap-di-ikn-dengan-tenda-sederhana-ribuan-anggota-tni-polri-amankan
Presiden Jokowi saat memberi pengarahan Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke-46 Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jumat (11/3/2022).  (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan menginap di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Senin, 14 Maret 2022.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan selama menginap di IKN, Presiden Jokowi akan menggunakan tenda sederhana, namun tetap dijamin penuh keamanannya.

Baca Juga: Di Hadapan Gubernur se-Indonesia, Jokowi Tekankan Pindah Ibu Kota Bukan Berarti Tinggalkan Jakarta

“Kami ketika menginap di IKN ini tentunya apa adanya, dan Bapak Presiden kami siapkan tenda yang sederhana dan lain-lain, tentunya tidak mengurangi keamanan beliau,” kata Heru melalui keterangan resminya yang dikutip pada Senin (14/3/2022).

Heru menjelaskan akan turut menginap di kawasan IKN bersama dengan Presiden Jokowi, yakni para tokoh masyarakat, dan jajaran seperti Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, dan Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) Irjen Imam Sugianto.

Sebelum menginap di IKN, kata Heru, Presiden Jokowi memberikan pengarahan kepada para gubernur dari seluruh Indonesia di Balikpapan.

Baca Juga: Selesai Acara IKN, Seskab Sebut Jokowi Segera Putuskan Persoalan terkait Kelangkaan Minyak Goreng

Selanjutnya, Presiden Jokowi dijadwalkan berangkat ke IKN Nusantara. Setibanya di IKN Nusantara, Presiden bersama-sama para gubernur akan melakukan kegiatan memanjatkan doa untuk keberlangsungan pemindahan dan pembangunan IKN.

“Bapak Presiden mengajak 34 gubernur adalah bahwa kita harus bersama-sama elemen masyarakat untuk menyukseskan program IKN ini, dan tentunya ini adalah program yang cukup besar sehingga semua elemen masyarakat diminta mendukung dan mohon doanya,” ujar Heru.

Sementara itu, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso menjelaskan telah menyiapkan total 2.064 personel gabungan untuk mengamankan rangkaian kunjungan Presiden ke Kaltim dan khususnya ke IKN Nusantara.

Baca Juga: Sambut Kedatangan Jokowi dan Para Gubernur, Warga Jejer Pakai Kaus I Love IKN

Bersama jajaran Polda Kaltim, Kodam Mulawarman akan mengamankan ring II dan ring III Presiden Jokowi, sementara ring I akan dijaga Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Segala kemungkinan sudah diantisipasi. Situasi kondisi sekarang paling rawan perubahan cuaca tak menentu, seperti beberapa hari ini hujan, tapi sore ini mulai terang. Kami berharap selama kegiatan di IKN nanti cuaca cerah, jadi kegiatan bisa lancar aman,” ujar Teguh.

Baca Juga: Jokowi Bertolak ke Kaltim, Besok Siap Berkemah di Titik Nol IKN

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x