Kompas TV nasional peristiwa

Selesai Acara IKN, Seskab Sebut Jokowi Segera Putuskan Persoalan terkait Kelangkaan Minyak Goreng

Kompas.tv - 13 Maret 2022, 23:55 WIB
selesai-acara-ikn-seskab-sebut-jokowi-segera-putuskan-persoalan-terkait-kelangkaan-minyak-goreng
Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera memutuskan langkah-langkah yang akan diambil pemerintah terkait kelangkaan minyak goreng. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut akan segera memutuskan langkah-langkah yang akan diambil pemerintah terkait kelangkaan minyak goreng.

Adapun hal ini disampaikan oleh Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung dalam keterangan persnya di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (13/3/2022). 

"Beliau (Jokowi) sangat memahami dengan persoalan ini (minyak goreng). Beliau juga memotret dan kemudian juga segera akan memutuskan langkah-langkah apa yang akan diambil oleh pemerintah dalam waktu dekat ini," kata Pramono dalam keterangan resminya, Minggu. 

Menurut penjelasannya, Kepala Negara akan segera mengadakan rapat bersama jajarannya selepas acara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Hal ini tidak bisa dibiarkan terlalu lama, sehingga dengan demikian direncanakan setelah kembali dari acara IKN ini, Presiden akan mengadakan rapat intern untuk segera memutuskan persoalan yang berkaitan dengan minyak goreng ini," jelasnya. 

Di sisi lain Pramono menuturkan, ada persoalan di lapangan di mana separuh dari total 50 juta ton produksi minyak goreng, diekspor.

Sehingga, pemerintah akan meminta para produsen minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) untuk memprioritaskan kebutuhan di dalam negeri.

Baca Juga: Seorang Ibu Meninggal saat Antre Minyak Goreng, Pengamat: Memilukan, Terpaksa Demi Cukupi Kebutuhan

"Dilihat dari total produksi (CPO) kita yang hampir 50 juta kan hampir 26-28 juta itu diekspor, sehingga dengan demikian bagian untuk ekspor itu harus diprioritaskan untuk kepentingan dalam negeri," ujarnya.

"Maka diminta kepada produsen untuk lebih memprioritaskan kepentingan masyarakat kita pada saat ini, walaupun harga di luar tinggi sekali," kata dia menegaskan.

Jokowi Sidak Stok Minyak Goreng, Pedagang Keluhkan Kelangkaan

Presiden Jokowi melakukan sidak ke sejumlah toko swalayan dan pasar tradisional di Yogyakarta untuk mengecek secara langsung ketersediaan minyak goreng, Minggu (13/3) pagi.

Saat mengecek langsung, Kepala Negara mendapatkan keluhan dari para pedagang terkait kelangkaan minyak goreng dan harga yang melonjak tajam. 

Baik di pasar tradisional maupun toko swalayan, Jokowi menemui stok minyak goreng yang kosong.

Masalah lainnya adalah tidak adanya jadwal yang pasti tentang pengiriman minyak goreng ke para pedagang maupun toko swalayan.

Presiden tidak mendengar jawaban yang pasti kapan minyak goreng akan dikirim. Hampir semua pedagang menjawab tidak tahu kapan akan ada pengiriman berikutnya.

“Ya enggak mesti (pengiriman minyak goreng) Pak, bisa tiga hari sekali,” ucap salah satu pedagang yang ditemui Presiden.

Baca Juga: Jokowi Bertolak ke Kaltim, Besok Siap Berkemah di Titik Nol IKN



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x