Kompas TV religi beranda islami

Bisa Diikuti, Inilah Petunjuk Alquran soal Melipatgandakan Rezeki

Kompas.tv - 11 Maret 2022, 07:11 WIB
bisa-diikuti-inilah-petunjuk-alquran-soal-melipatgandakan-rezeki
Ilustrasi Alquran, berikut ini merupakan petunju dari Alquran rezeki bisa berlipat ganda (Sumber: mohamed_hasan/pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV Dalam Alquran terdapat ayat-ayat  yang menunjukkan bagaimana rezeki bisa datang pada manusia, bahkan nantinya datang dengan berlipat ganda. Petunjuk ini juga bisa kita amalkan sebagai ikhtiar mendapatkan rezeki halal dari Allah SWT.  

Inilah yang mungkin kerap tidak disadari. Sebagai mukjizat, Alquran memberi umat Islam banyak petunjuk, baik untuk urusan ukhrawi atau akhirat lewat ibadah dan lain-lain. Maupun untuk urusan duniawi seperti hubungan dengan sesama hingga persoalan hidup sehari-sehari. 

Nah, paling tidak ada dua ayat Alquran yang bisa jadi petunjuk bagi muslim agar rezeki bisa terus bertambah.

Petunjuk dari Alquran ini bisa jadikan amalan. Baik dilakukan secara terpisah atau bisa dilakukan secara paralel (bersamaan). Apa saja amalan tersebut?

Baca Juga: Sedekah yang Bikin Rezeki Lancar dan Berkah hingga Didoakan Malaikat

Petunjuk Alquran agar Rezeki Berlipat Ganda

Pertama, Sedekah sebagai Jalan Rezeki Tambah

Sedekah adalah salah satu cara agar rezeki senantiasa berlipat-lipat dan berkah. Dalam firman Allah di Surat Al-Baqarah terdapat sebuah petunjuk agar harta atau rezeki kita tidak seret dan sebaliknya, lancar mengalir. 

Janji Allah dalam surat ini, rezeki kita bahkan akan dilipatgandakan. Petunjuk sederhana agar seorang muslim tidak mengabaikan bagaimana mengeluarkan rezeki kita untuk sesama tidak akan membuat miskin. 

Firman Allah SWT: Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (QS Al Baqarah: 245)

Kedua, Syukur sebagai Jalan Rezeki Mengalir 

Petunjuk selanjutnya dari Alquran adalah sikap sederhana ini. Yakni bersyukur. Dalam Islam, bersyukur menjadi begitu penting karena salah satu bukti penerimaan diri dan tentu saja penerimaan atas hakikat Sang Maha Pencipta.

Hal ini juga kerap dilupakan, memperbanyak syukur ternyata dapat jadi sarana menambah rezeki. Allah SWT berfirman tentang keutamaan bagi mereka yang bersyukur ini:

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS Ibrahim: 7).

Itulah petunjuk Alquran soal rezeki. Bisa kita amalkan satu persatu agar rezeki tidak seret, justru dilipatgandakan oleh-Nya. Amin. 

Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x