Kompas TV video sinau

Semangka Untuk Mengatasi Nyeri Otot Setelah Olahraga Berat, Memang Bisa?

Kompas.tv - 7 Maret 2022, 18:35 WIB
Penulis : Arief Rahman

Semangka merupakan salah satu buah berbentuk besar, manis, dan didominasi oleh kandungan air. Memiliki nama latin Citrullus lanatus, semangka berasal dari Afrika Selatan dan masih berkerabat dengan melon, labu, dan mentimun.

Daging semangka biasanya dimakan langsung, namun terkadang digunakan juga dalam berbagai resep seperti jus dan campuran smoothies.

Kandungan nutrisi di dalam 100 gram semangka dikutip dari Healthline:

  • Kalori 30
  • Air 91%
  • Protein 0.6 gram
  • Karbohidrat 7.6 gram
  • Gula 6.2 gram
  • Serat 0.4 gram
  • Lemak 0.2 gram

Kandungan karbohidrat dalam semangka didominasi oleh gula sederhana seperti glukosa, fruktosa dan sukrosa. Indeks Glikemik semangka termasuk tinggi, berkisar 72-80. Namun, setiap porsi semangka realtif rendah karbohidrat sehingga seharusnya tidak berpengaruh besar pada kadar gula darah.

Semangka adalah sumber vitamin C yang baik dan mengandung potasium, tembaga, vitamin B5, dan vitamin A.

Semangka adalah sumber antioksidan yang buruk dibandingkan dengan buah-buahan lainnya, namun kaya akan asam amino sitrulin dan antioksidan likopen, yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Kesehatan Buah Semangka

  • Mengurangi Tekanan Darah
    Semangka adalah sumber sitrulin yang baik, yang diubah menjadi arginin dalam tubuh. Kedua asam amino ini membantu produksi Nitrogen Oksida.
    Nitrogen Oksida adalah molekul gas yang menyebabkan otot-otot kecil di sekitar pembuluh darah rileks dan melebar, yang mengarah pada penurunan tekanan darah.
     
  • Mengurangi Resistensi Insulin
    Resistensi insulin adalah kondisi di mana sel-sel Anda menjadi resisten terhadap efek insulin. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan terkait dengan sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.
    Ditakik dari Healthline, dalam beberapa penelitian, jus semangka dan asupan arginin berkaitan dengan penurunan resistensi insulin.
     
  • Mengurangi Nyeri Otot Setelah Berolahraga
    Nyeri otot adalah efek samping yang sering dialami ketika melakukan olahraga berat. Mengutip Journal of Agricultural and Food Chemistry, jus semangka efektif untuk mengurangi nyeri otot setelah berolahraga.

Semangka ditoleransi dengan baik oleh kebanyakan orang, namun dapat menyebabkan reaksi alergi dan masalah pencernaan pada beberapa individu.

Alergi terhadap semangka umumnya terjadi pada orang dengan sindrom alergi oral pada individu yang sensitif terhadap serbuk sari. Kandungan fruktosa dalam semangka dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, kram perut, diare, dan sembelit bagi sebagian orang.



Sumber : Healthline

BERITA LAINNYA



Close Ads x