Kompas TV olahraga kompas sport

Yuriy Vernydub: Dulu Bekuk Real Madrid di Bernabeu, Kini Turun Perang Bela Ukraina

Kompas.tv - 2 Maret 2022, 19:11 WIB
yuriy-vernydub-dulu-bekuk-real-madrid-di-bernabeu-kini-turun-perang-bela-ukraina
Mantan pelatih Sheriff Tiraspol, Yuriy Vernydub turun ke medan perang membela Ukraina. (Sumber: realmadrid.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Vyara Lestari

SOLO, KOMPAS.TV - Perang Rusia-Ukraina mengubah kehidupan sosok Yuriy Vernydub secara drastis. 

Hanya dalam waktu lima bulan, pelatih tim sepak bola Moldova Sheriff Tiraspol ini, sempat membawa timnya menekuk Real Madrid di Santiago Bernabeu, dan sekarang turun ke medan perang demi melindungi negaranya, Ukraina. 

Matchday kedua Grup D Liga Champions 2021-22 antara Real Madrid vs Sherrif yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, 29 September 2021 silam, menjadi salah satu laga paling ikonik sepanjang tahun 2021. 

Bagaimana tidak, Sheriff selaku tim debutan di Liga Champions, sukses mempermalukan klub dengan torehan 13 gelar itu di depan para pendukungnya sendiri. 

Baca Juga: Menanti Kelanjutan Dongeng Sheriff Tiraspol di Liga Champions

Kala itu, Sheriff sukses menang dengan skor 2-1 lewat gol-gol Jasurbe Yakhsiboev (25') serta pemain internasional Luksemburg, Sebastien Thill (89'). 

Kendati tidak lolos ke babak 16 besar, Sheriff finis di peringkat 3 Grup D, di bawah dua tim besar Eropa, Real Madrid serta Inter Milan. 

Lima bulan kemudian, kehidupan Vernydub berubah drastis. Dirinya meninggalkan jabatan pelatih Sherrif dan mendaftarkan diri sebagai tentara Ukraina. 

Media sepak bola macam Football Italia dan Marca melaporkan bahwa Yuriy Vernydub bergabung dengan tentara Ukraina demi membela negaranya itu dari serangan Rusia. 

Baca Juga: Menang dan Cetak Gol Lawan Real Madrid, Striker FC Sheriff: Alhamdulillah

"Pelatih Sheriff Tiraspol, Yuriy Vernydub, yang menghadapi Inter dan Real Madrid pada fase grup Liga Champions musim ini telah bergabung dengan tentara Ukraina dalam perang melawan Rusia," tulis Football Italia.

Lain itu, Yuriy dikabarkan telah melepas jabatannya sebagai pelatih Sheriff. 

Dirinya memang warga asli Ukraina. Vernydub lahir di Kota Zhytomyr, wilayah yang berada di bagian barat negara pecahan Uni Soviet tersebut. 

Baca Juga: Akibat Invasi Rusia ke Ukraina, Atlet Dua Negara Ini pun Tak Luput dari Sanksi

Invasi Rusia ke Ukraina memang berimbas ke sejumlah sendi kehidupan, termasuk dunia olahraga, khususnya sepak bola. 

FIFA sebagai organisasi induk sepak bola, sampai menjatuhi sanksi kepada Rusia. Timnas Rusia, klub-klub negara yang dipimpin Vladimir Putin dilarang tampil di kompetisi naungan FIFA serta UEFA.

 



Sumber : Marca, Football Italia


BERITA LAINNYA



Close Ads x