Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini, KSAD Jenderal Dudung akan Pimpin Pemakaman Prajurit yang Gugur di Papua

Kompas.tv - 29 Januari 2022, 05:39 WIB
hari-ini-ksad-jenderal-dudung-akan-pimpin-pemakaman-prajurit-yang-gugur-di-papua
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Sumber: Dok. Dispenad)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Hari ini, Sabtu (29/1/2022), Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman dijadwalkan akan memimpin upacara pemakaman prajurit Serda M Rizal Maulana Arifin di Bandung, Jawa Barat.

"Sebagai wujud penghormatan dan rasa cintanya kepada prajuritnya yang gugur, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman akan memimpin langsung upacara pemakaman Serda M Rizal Maulana Arifin," ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (29/1/2022).

Baca Juga: 3 Anggota TNI Gugur Usai Baku Tembak dengan KKB di Distrik Gome Papua

Seperti diketahui, Serda Rizal gugur dalam baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) ketika tengah mengevakuasi korban serangan di Desa Tigilobak, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (27/1/2022).

Selain Serda Rizal, dua prajurit lain juga gugur dalam serangan KKB tersebut, yakni Pratu Tupel Alomoan Baraza dan Pratu Rahman Tomilawa.

Tak hanya itu, serangan ini juga membuat satu prajurit lainnya mengalami luka tembak atas nama Pratu Syaiful yang hingga kini dilaporkan dalam kondisi kritis.

Jenazah Serda Rizal tiba di rumah duka pada Jumat (28/1/2022) pukul 18.05 WIB.

Adapun pemakamannya akan berlangsung pada Sabtu di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Kota Bandung.

Sedangkan jenazah Pratu Tupel Alomoan Baraza diterbangkan ke Jambi dan Pratu Rahman Tomilawa ke Maluku Tengah pada Sabtu.

Tatang mengatakan, upacara pemakaman Pratu Tupel Alomoan Baraza di Jambi akan dipimpin Pangdam II/ Sriwijaya Mayjen Agus Suhardi.

"Dan upacara pemakaman Pratu Rahman Tomilawa di Maluku Tengah akan dipimpin oleh Pangdam XVI/Patimura," kata Tatang.

Atas kejadian ini, Tatang mewakili seluruh jajaran TNI AD mengucapkan turut berbela sungkawa kepada keluarga tiga prajurit yang gugur dalam serangan KKB di Papua.

"Seluruh pimpinan dan seluruh prajurit serta keluarga besar TNI AD menyampaikan rasa duka yang mendalam atas kejadian tersebut," ujarnya.

Baca Juga: Kronologi 3 Anggota TNI Gugur saat Baku Tembak dengan KBB di Distrik Gome Papua

Baca Juga: Gugur Ditembak KKB di Papua, Jenazah Serda Rizal Dijadwalkan Tiba di Rumah Duka Malam Ini



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x