Kompas TV nasional peristiwa

Gugur Ditembak KKB di Papua, Jenazah Serda Rizal Dijadwalkan Tiba di Rumah Duka Malam Ini

Kompas.tv - 28 Januari 2022, 13:09 WIB
gugur-ditembak-kkb-di-papua-jenazah-serda-rizal-dijadwalkan-tiba-di-rumah-duka-malam-ini
Jenazah Serda (Anumerta) Mochamad Rizal Maulana Arifin direncanakan akan tiba di Bandung hari ini Jumat, 28 Januari 2022 pukul 18.50 WIB. (Sumber: dok.keluarga/tribunjabar)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV – Jenazah Serda (Anumerta) Mochamad Rizal Maulana Arifin direncanakan akan tiba di Bandung hari ini Jumat, 28 Januari 2022 pukul 18.50 WIB.

Rizal merupakan anggota TNI asal Kabupaten Bandung yang gugur saat kontak senjata dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua, Kamis (27/1) pagi kemarin.

Menurut Dandim 0624/ Kabupaten Bandung Letkol Arh Dhama Noviang Jaya, jenazah Serda Rizal akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Cikutra, Kota Bandung, Sabtu (29/1).

"Rencananya almarhum, diberangkatkan dari Timika besok (hari ini) pukul 07.00 WIT dan diperkirakan akan mendarat di bandung pada pukul 18.50 WIB," kata Letkol Arh Dhama Noviang Jaya, seperti diwartakan Tribunjabar, Jumat (28/1).

Lebih lanjut, Dhama mengucapkan turut berbela sungkawa atas kepulangan Serda Rizal dalam tugasnya di Papua.

Dhama mengatakan, Serda Rizal gugur dalam membela negara kesatuan republik Indonesia di wilayah Papua.

Baca Juga: Serda Rizal Gugur Ditembak KKB, Ayah: Kehilangan, Namun Bangga Anak Saya Gugur dalam Tugas Negara

"Turut berduka cita kepada pahlawan kita, Serda Rizal yang melaksanakan tugas operasi di wilayah Papua, Kodam 17 Cenderawasih," ujar Dhama. 

Seperti diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, sebanyak tiga prajurit TNI gugur dalam serangan yang dilancarkan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Bukit Tepuk, Kampung Jenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis pagi.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga menjelaskan berdasarkan laporan yang diterimanya, prajurit TNI yang dilaporkan gugur awalnya berjumlah dua orang.

Dua prajurit TNI yang gugur tersebut merupakan anggota Satgas Pamtas Mobile Yonif R 408/SBH. Keduanya gugur terkena tembakan KKB.

Kolonel Aqsha mengatakan kedua personel TNI yang meninggal dunia yakni Serda Rizal dan Pratu Baraza yang terkena tembakan di bagian perut.

Setelah Serda Rizal dan Pratu Baraza gugur, kata Kolonel Aqsha, baku tembak antara KKB dan prajurit TNI masih terus berlansung.

Hingga sekitar pukul 10.00 WIT, korban dari pihak TNI kembali bertambah.

Seorang prajurit TNI bernama Pratu Rahman dilaporkan gugur.

Usai baku tembak hingga menewaskan tiga prajurit, TNI diketahui masih dalam siaga satu di lokasi.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Langsung Terbang ke Papua usai 3 Prajurit Tewas Ditembak KKB



Sumber : Tribunjabar


BERITA LAINNYA



Close Ads x