Kompas TV nasional peristiwa

Ada Deklarasi Prabowo-Jokowi 2024, PDIP Tegaskan Presiden Hanya Dua Periode

Kompas.tv - 17 Januari 2022, 16:55 WIB
ada-deklarasi-prabowo-jokowi-2024-pdip-tegaskan-presiden-hanya-dua-periode
Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS. TV - Dengan semakin dekatnya Pemilihan Umum 2024, semakin banyak bermunculan kelompok-kelompok relawan yang mendeklarasikan dukungan kepada tokoh-tokoh tertentu untuk maju menjadi calon presiden dan calon wakil presiden.

Salah satu dari banyak kelompok relawan yang muncul adalah Sekretariat Bersama (Sekber) Prabowo-Jokowi.

Pada Sabtu (15/1/2022) lalu, Sekber Prabowo-Jokowi mendeklarasikan dukungan bagi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) untuk berduet di Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang.

Lantas bagaimana tanggapan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai partai pemenang Pemilu 2019 dan juga pengusung utama Jokowi di Pilpres sebelumnya?

Baca Juga: Pilpres 2024, Sekber Dorong Jokowi Jadi Cawapres Duet dengan Prabowo Subianto

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan, partainya tetap berpegang pada aturan main soal peserta Pilpres.

Menurutnya, aturan main Pilpres sudah jelas bahwa jabatan presiden hanya bisa dipegang oleh orang yang sama selama dua periode. 

"Kalau kita melihat dari sikap PDI Perjuangan perpolitikan dengan rule of the game yaitu konstitusi Undang-Undang Dasar yang mengikat kita semuanya, konstitusi telah menjelaskan bagaimana Presiden itu memegang jabatan selama dua periode," ujar Hasto Kristiyanto, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: PKS: Peresmian Sekber Bukan Peresmian Koalisi

Menurut Hasto, aturan tersebut seharusnya bisa dipatuhi oleh semua pihak. 

"Itulah yang menjadi hukum dasar kita untuk kita taati bersama-sama," ungkapnya. 

Dia mengajak semua pihak untuk meningkatkan kualitas demokrasi dengan cara taat kepada konstitusi. 

Menurut Hasto, rakyat adalah pemegang kedaulatan dan kekuasaan politik tertinggi. Karena itu, siapapun harus berkontestasi secara sehat untuk memenangi hati rakyat. 

Baca Juga: Belum Tahu Pasangan Prabowo, Relawan Dorong Prabowo-Jokowi Pada Pemilu 2024

Sementara itu, Sekber Prabowo-Jokowi menilai bahwa kepemimpinan Jokowi pada periode kedua telah memberikan kemajuan bagi Indonesia.

Oleh karena itu, mereka ingin Jokowi dan Prabowo melanjutkan kerja-kerja mereka lewat Kabinet Indonesia Maju Jilid II pada 2024 mendatang.

"Deklarasi Sekber Prabowo-Jokowi mendorong Prabowo Subianto (sebagai) calon presiden, dan Joko Widodo (sebagai) calon wakil presiden, sebagai bagian dari Kabinet Indonesia Maju Jilid II untuk maju dalam Pemilu 2024," kata Ketua Koordinator Sekber Prabowo-Jokowi, G Gisel, dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/1/2022), seperti dikutip dari Kompas.com.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x