Kompas TV nasional politik

HUT ke-49 PDIP Besok: Megawati Sampaikan Pidato Politik, Jokowi Beri Sambutan

Kompas.tv - 9 Januari 2022, 21:02 WIB
hut-ke-49-pdip-besok-megawati-sampaikan-pidato-politik-jokowi-beri-sambutan
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) dijadwalkan menyampaikan pidato politik di HUT ke-49 PDIP, sementara Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kanan) akan memberikan sambutan. (Sumber: Istimewa/Kompas.com)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 besok, Senin (10/1/2022).

Pada momentum itu, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dijadwalkan untuk menyampaikan pidato politik, sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutannya langsung dari Istana Kepresidenan.

"Besok direncanakan Ketua Umum Ibu Megawati akan menyampaikan pidato politik. Pidato Ibu Megawati akan menyoroti berbagai hal strategis," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan pers yang diterima KOMPAS TV, Minggu (9/1/2022).

"Lalu dilanjutkan sambutan Bapak Presiden RI Joko Widodo. Sementara pembacaan doa oleh Menteri Agama K.H. Yaqut Cholil Qoumas," lanjutnya.

Baca Juga: Nama Mensos Masuk Bursa Cagub DKI 2024, Sekjen PDIP: Kepemimpinan Risma Pantas Dijadikan Contoh

Hasto mengatakan, peringatan HUT ke-49 PDIP ini akan dilakukan secara hybrid dari beberapa lokasi. Hal ini dikarenakan Indonesia hingga kini masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Acara digelar secara hybrid dengan titik sentral di kediaman Ketua Umum Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Kemudian di Istana, saat Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pidatonya. Lalu di kantor DPP PDIP Jalan Diponegoro No 58, Jakarta Pusat, dan di Sekolah Partai PDIP Lentengagung, Jakarta Selatan.

Hasto menjelaskan, para fungsionaris DPP PDIP dibagi di dua tempat. Ada yang mengikuti acara di kantor DPP PDIP dan sebagian lagi menghadiri di Sekolah Partai Lenteng Agung.

Baca Juga: Sekjen PDIP Beberkan Potensi Gibran di Pilkada DKI Jakarta, Diminta Lakukan Ini di Surakarta

Meskipun hybrid, Hasto meyakini bahwa agenda HUT ini tetap berlangsung dengan hikmat.

Terlebih, lanjutnya, sebelum puncak peringatan, dalam beberapa hari ini, berbagai kegiatan telah dilaksanakan.

"Sebelum acara utama HUT dimulai, besok pukul 09.00 WIB, dilaksanakan upacara bendera yakni memasang satu bendera Merah Putih dan 49 bendera Partai secara serentak di seluruh wilayah Indonesia," jelasnya.

Adapun nantinya, acara seremonial ini, kata Hasto akan diakhiri dengan pembagian tumpeng untuk perwakilan masyarakat.

Menurut rencana, mewakili DPP Partai, Ketua DPP PDIP Puan Maharani akan menerima sertifikat MURI atas rekor buku varian menu pendamping beras terbanyak dan atas rekor lomba masak menu pendamping beras secara serentak dengan peserta terbanyak.

"Melalui HUT ke-49 ini, ditargetkan akan diraih 4 rekor MURI dan 1 rekor dunia," ujar Hasto.

Dia menambahkan, mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, maka DPP PDIP memutuskan seluruh agenda kegiatan HUT ini bisa dipantau oleh media massa melalui akun resmi media sosial PDIP.

"Setelah seluruh rangkaian acara, saya didampingi sejumlah fungsionaris DPP akan memberikan keterangan pers secara daring," pungkasnya.

Baca Juga: Megawati Anggap Peleburan Eijkman ke BRIN dan Pemberhentian Peneliti Konsekuensi Perundangan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x