Kompas TV nasional politik

PKS dan Golkar Minta Parpol Tak Tunda-tunda Bentuk Koalisi Pilpres 2024

Kompas.tv - 28 Desember 2021, 18:55 WIB
pks-dan-golkar-minta-parpol-tak-tunda-tunda-bentuk-koalisi-pilpres-2024
Ilustrasi pemilu. (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengimbau kepada setiap partai politik (parpol) untuk segera membentuk koalisi menyongsong gelaran Pilpres 2024 mendatang. Hal ini juga sebagai bentuk pembelajaran politik yang baik terhadap masyarakat.  

"Saya pribadi, kalau di PKS selalu teriak ayo segera umumkan capresnya, kalau bisa jangan segera umumkan, segera buat koalisi dini, koalisi dari sekarang," kata Mardani dalam acara survei SMRC secara daring, Selasa (28/12/2021).

Baca Juga: Demokrat: Setiap Parpol Berhak Mengajukan Capres dan Cawapres di Pilpres 2024

Ia menyebut, pihaknya membutuhkan sekitar dua atau tiga partai lagi dalam membentuk koalisi partai Pilpres 2024 mendatang. 

"Karena saya yakin kalau ada tiga (koalisi), kalau PKS karena tidak bisa berdua kecuali gabung PDIP atau gabung dengan Golkar atau Gerindra bisa dua, kalau dengan partai tengah perlu tiga partai," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia menyatakan, pihaknya menyambut baik usulan dari PKS tersebut. 

"Golkar dengan senang hati kalau mau PKS mau berdua dengan yang lainnya untuk membangun koalisi sejak awal," katanya. 

Baca Juga: Sandiaga Uno Bantah Rekayasa Dukungan dari Ijtima Ulama untuk Pilpres 2024

Menurut dia, dengan terbentuknya koalisi pilpres sejak dini, nantinya bisa lebih matang dalam menyusun kerangka pembangunan Indonesia lima tahun mendatang. 

"Artinya pasti akan lebih rigid dan lebih detail kira-kira bangunan-bangunan apa saja, komitmen-komitmen apa saja visi apa saja misi apa saja jadi yang kita bangun ke depan," kata Doli.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x