Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Doddy Sudrajat Ingin Tes DNA ke Gala Sky, Begini Cara Kerja dan Besaran Biayanya

Kompas.tv - 22 Desember 2021, 16:54 WIB
doddy-sudrajat-ingin-tes-dna-ke-gala-sky-begini-cara-kerja-dan-besaran-biayanya
Orangtua mendiang Vanessa Angel, Doddy Sudrajat dan istrinya Puput tiba di Pengadilan Agama Jakarta Barat Selasa (30/11/2021) untuk menghadiri sidang perdana hak asuh Gala Sky anak Bibi Andriansyah dan Vanessa Angel. Kini Doddy ingin lakukan tes DNA ke Gala Sky. (Sumber: Tribunnews.com/Alivio)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ayah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat, dikabarkan akan lakukan tes DNA kepada cucunya, Gala Sky Andriansyah.

Hal tersebut dilakukannya karena Doddy meragukan bahwa Febri Andriansyah alias Bibi merupakan ayah kandung Gala Sky.

Rencana tersebut sontak membuat Doddy menuai kecaman dari netizen. Di sisi lain, keluarga Bibi juga menyayangkan sikap Doddy.

Baca Juga: Terkumpul Rp2,5 Miliar, Ayah Bibi Andriansyah Lunasi Rumah untuk Gala Sky di Hari Ultah Vanessa

Apa itu tes DNA? 

Melansir Cleveland Clinic, Rabu (22/12/2021), tes DNA atau deoxyribonucleic acid merupakan tes yang dilakukan dengan mencocokkan materi genetik yang diwarisi ibu dan ayah kepada anak.

Tes DNA paternitas yang menggunakan DNA biasanya mengambil sampel dari cheek swabs dan digunakan untuk menentukan apakah pria ini merupakan ayah biologis dari anak tersebut.

Tes DNA paternitas memiliki tingkat akurasi hingga 99,9 persen untuk menunjukkan bahwa orang tersebut merupakan keturunan biologis.

Baca Juga: Ayah Bibi Akui Rebutan Hak Perwalian Gala Sky dengan Doddy Sudrajat: Sudah Enggak Kondusif

Bagaimana cara kerja tes DNA?

Terdapat dua cara untuk melakukan tes DNA, yakni melalui tes darah dan cheek swabs. Keduanya memiliki tingkat akurat yang sama.

Tes darah dilakukan dengan mengambil sampel darah, baik darah anak dan darah ayah. Sementara cheek swabs dilakukan dengan mengambil sampel dar bagian dalam pipi untuk mengambil sel bukal (pipi).

Sampe tersebut kemudian dibawa ke laboratorium untuk dianalisis. Kemudian laboratorium akan menjalankan serangkaian tes yang disebut dengan sekuensing DNA.

Sekuensing DNA ini merupakan tes yang dilakukan untuk mencari kecocokan genetik antara ayah dan anak.

Baca Juga: Polisi di Makassar Dituding Hamili Perempuan, Anaknya akan Dites DNA untuk Penentu Hukuman Pelaku

Biaya tes DNA

Melansir Kompas.com, Rabu (22/12/2021), sejumlah rumah sakit dan laboratorium di Indonesia sudah menyediakan layanan tes DNA.

Salah satu rumah sakit yang menyedikanan tes DNA adalah RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo yang mematok harga tes DNA sekitar Rp10 juta.

Selain itu, RSUP Sanglah menetapkan tarif yang berbeda, yakni antara Rp7 juta hingga Rp8 juta.



Sumber : Kompas TV/Cleveland Clinic/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x