Kompas TV nasional peristiwa

Polisi Selidiki Peretasan Akun YouTube BNPB

Kompas.tv - 10 Desember 2021, 15:54 WIB
polisi-selidiki-peretasan-akun-youtube-bnpb
Tangkapan layar pada akun YouTube BNPB yang diduga diretas, Kamis (9/12/2021). (Sumber: YouTube BNPB/Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Akun YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diduga mengalami peretasan pada Kamis (9/12/2021) lalu. Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri sedang menyelidiki kejadian tersebut.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan penyidik sedang menganalisis profil atau profiling peretas.

Namun, Dedi belum bisa mengungkapkan lebih jauh soal hasil pelacakan yang dilakukan penyidik Dittipidsiber Bareskrim. Ia menegaskan, penyelidikan masih berlangsung.

"Masih ditangani, masih penyelidikan," ujarnya, Jumat (10/12/2021).

Akun YouTube BNPB Indonesia yang biasa menayangkan perkembangan kasus Covid-19 hingga penanganan bencana yang terjadi, diduga diretas.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas BNPB Rita Rosita membenarkan akun YouTube BNPB Indonesia diretas pada Kamis (9/12/2021) pagi.

Baca Juga: Laporan Terbaru BNPB: Korban Meninggal akibat Erupsi Semeru Capai 22 Orang hingga Senin Sore

"Jadi sekarang dalam proses perbaikan. Sementara, itu (kanal YouTube BNPB) tidak bisa dipakai," ujar Rita, dikutip dari Kompas.com, Jumat (10/12/2021).

Namun berdasarkan pantauan KOMPAS TV, saat ini, nama akun dan logo BNPB sudah kembali.

Sebelumnya akun YouTube BNPB ini berganti nama menjadi Ethereum 2.0. Logo lembaga pun diubah.

Tiga hari lalu, Senin (7/12/2021), akun YouTube BNPB masih menayangkan perkembangan kasus Covid-19 yang dijelaskan oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. 

Namun pada Kamis (9/12/2021), akun itu mengunggah siaran langsung yang tidak biasa, yakni terkait crypto dan pembagian hadiah atau giveaway.

Baca Juga: Awas! Ini Daftar Password Lemah yang Rentan Dibobol Hacker

Akun YouTube BNPB Indonesia yang diretas digunakan untuk melangsungkan siaran langsung atau live streaming berjudul "Ethereum CEO: Ethereum Breakout! Ethereum News, ETH 2.0 RELEASE Date".

Dikutip dari Kompas.com, siaran langsung itu dimulai pada Kamis pagi ditonton lebih dari 8.000 orang dan masih bertambah. Siaran langsung ini juga telah mendapatkan tombol suka (like) sebanyak 20.000.

Dalam deskripsi live streaming, terdapat sebuah tautan yang mengarah ke akun Twitter dengan handle @AltcoinDailyio.

Baca Juga: Geger! Klaim Miliki 28.000 Data Personel Polisi, Diduga Data Polri Di Retas

 



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x