Kompas TV tekno internet

Awas! Ini Daftar Password Lemah yang Rentan Dibobol Hacker

Kompas.tv - 20 November 2021, 07:17 WIB
awas-ini-daftar-password-lemah-yang-rentan-dibobol-hacker
Ilustrasi hacker atau peretas. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kata sandi alias password kini menjadi salah satu hal yang terpenting selain data diri yang harus dijaga dengan ketat.

Pakar keamanan hingga kini terus memberitahu orang-orang untuk menggunakan password yang kuat dan rumit untuk melindungi informasi online mereka.

Sayangnya, masih banyak pengguna internet yang terus menggunakan password yang lemah dan sederhana sehinga mudah dibobol oleh pihak tak bertanggung jawab.

Baca Juga: Hati-hati Wifi Dibobol Kaum "Fakir Wifi", Ini Tips Mencegahnya

Melansir Tech Republic, Sabtu (20/11/2021), perusahaan pengelola kata sandi bernama NordPass membuat daftar password lemah dengan menganalisis basis data besar. Mereka bekerja sama dengan peneliti independen yang fokus pada insiden keamanan siber.

Hasilnya, NordPass menemukan sebanyak 200 password paling umum yang hampir tidak memerlukan banyak waktu untuk memecahkannya.

Berikut 10 daftar teratas password paling umum dan paling lemah versi NordPass:

  • 123456
  • 123456789
  • 12345
  • Qwerty
  • Password
  • 12345678
  • 111111
  • 123123
  • 1234567890
  • 1234567

Baca Juga: Awas! Ada Malware dan Pencurian Data Pribadi Berkedok Squid Game

Selain itu, ada pula kata sandi seperti “iloveyou”, “naga”, “monyet”, “sepak bola”, dan “bisbol” yang masuk ke dalam daftar tersebut.

Penjahat siber kerap menggunakan alat otomatis untuk melakukan serangan brute force untuk mendapatkan password akun. Semakin lemah kata sandi, semakin mudah dan cepat para penjahat siber ini dapat menemukannya.

Saking cepatnya, NordPass memperkirakan waktu dari membobolan password ini berlangsung kurang dari satu detik.

Dari 200 password yang paling umum, terdapat beberapa pengecualian dengan kata seperti “cokelat” yang dapat dipecahkan dalam waktu tiga detik, “michael” membutuhkan waktu delapan detik, “tinkle” dipecahkan selama dua menit, “jennifer” bocor dalam waktu dua jam, dan “myspace1” memakan waktu tiga jam.

Baca Juga: Apa Itu Meta? Nama Baru Facebook yang Disebut Bakal Jadi Dunia Virtual Masa Depan

NordPass menarik kesimpulan bahwa orang kerap menggunakan password lemah karena mengikuti pola atau tren tertentu, seperti nama, tim olahraga, atau hewan.

Tahun 2021 ini, mereka menemukan bahwa sebagian besar pengguna mengandalkan nama mereka sendiri sebagai password.

Selain itu, kata “Liverpool”, “Ferrari”, dan “Porsche juga sering digunakan sebagai kata sandi. Untuk kategori hewan, “Dolphin” menjadi kata sandi yang paling sering digunakan di banyak negara.



Sumber : Kompas TV/Tech Republic

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.