Kompas TV internasional kompas dunia

Cegah Kematian akibat Covid-19, 75 Hewan di Kebun Binatang Ini Divaksin

Kompas.tv - 10 Desember 2021, 12:08 WIB
cegah-kematian-akibat-covid-19-75-hewan-di-kebun-binatang-ini-divaksin
Ilustrasi. Sebanyak 75 hewan di Kebun Binatang Phoenix, Arizona, Amerika Serikat (AS) disuntik vaksin Covid-19. (Sumber: AP Photo/Bikas Das)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Gading Persada

PHOENIX, KOMPAS.TV - Sebanyak 75 hewan di Kebun Binatang Phoenix, Arizona, Amerika Serikat (AS) disuntik vaksin Covid-19.

Beberapa hewan mendapatkan suntikan vaksin lewat anak panah yang dilepaskan dari jarak jauh untuk memastikan keselamatan para dokter hewan.

Apa yang dilakukan Kebun Binatang Phoenix ini bukanlah yang pertama.

Sebelumnya, kebun-kebun binatang lainnya telah lebih dulu memvaksin hewan-hewannya.

Dokter hewan Gary West selaku wakil presiden senior untuk koleksi hewan dan makhluk hidup di Kebun Binatang Phoenix mengatakan, binatang-binatang menerima vaksin lebih baik ketimbang manusia.

“Mereka tidak menyukainya, tapi mereka bangkit lagi dan kembali menjalani kehidupan mereka,” tutur West seperti dilansir Newsweek, Kamis (9/12/2021).

Baca Juga: Selandia Baru Bakal Larang Anak Muda Beli Rokok Seumur Hidup, Ini Tujuannya

Belum ditemukan Covid-19 yang menjangkiti hewan-hewan di kebun binatang tersebut.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), risiko penularan virus dari manusia ke hewan terbilang rendah.

Namun, Kebun Binatang Phoenix mengambil langkah pencegahan dengan menyuntikkan vaksin kepada hewan-hewan yang dikelolanya karena sejumlah kebun binatang telah melaporkan adanya infeksi.

Mengutip USA Today, Newsweek mengatakan, sebuah kebun binatang di Belgia belum lama ini mengatakan, sepasang kuda nil dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan ditempatkan dalam karantina.

Belum diketahui bagaimana hewan-hewan itu bisa tertular. Namun diyakini kasus ini sebagai yang pertama yang tercatat untuk spesies itu.

Baca Juga: Buku Edisi Pertama Harry Potter Terlelang dengan Nilai Fantastis, Capai Rp6,7 Miliar

Sementara dua harimau di Kebun Binatang Pittsburgh dan PPG Aquarium di Pennsylvania, AS, juga dinyatakan terinfeksi Covid-19. Mereka diduga tertular dari seorang karyawan kebun binatang yang dinyatakan sebagai orang tanpa gejala.

Mengutip TribLive, Newsweek menyebut, kebun binatang tersebut kini berada dalam daftar tunggu untuk mendapatkan vaksin Covid-19 bagi hewan-hewan yang ada di dalamnya.

Sementara itu, Kebun Binatang Phoenix menggunakan vaksin yang dibuat oleh Zoetis dan dikembangkan khusus untuk binatang.

Vaksin yang dikembangkan Zoetis, perusahaan kesehatan binatang yang berkedudukan di New Jersey, AS, telah mendapatkan izin penggunaan darurat guna melindungi hewan-hewan terancam punah.

Baca Juga: Kram Perut Parah saat Daki Gunung Himalaya, Gadis Petualang Ini Ternyata Alami Menstruasi Mendadak

 



Sumber : Newsweek


BERITA LAINNYA



Close Ads x