Kompas TV internasional kompas dunia

Buku Edisi Pertama Harry Potter Terlelang dengan Nilai Fantastis, Capai Rp6,7 Miliar

Kompas.tv - 10 Desember 2021, 09:13 WIB
buku-edisi-pertama-harry-potter-terlelang-dengan-nilai-fantastis-capai-rp6-7-miliar
Buku edisi pertama Harry Potter berjudul Harry Potter And The Philosophers Stone terbitan Inggris tahun 1997 terjual US$471,000 dollar atau 6,7 miliar rupiah (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Buku edisi pertama Harry Potter terjual seharga US$471.000 di Amerika Serikat hari Kamis (09/12/2021) yang menurut juru lelang merupakan harga rekor dunia untuk sebuah karya fiksi abad ke-20.

Buku Harry Potter And The Philosopher's Stone terbitan Inggris tahun 1997 itu hardcover, dengan ilustrasi berwarna di sampulnya, digambarkan oleh Heritage Auctions sebagai "ajaib, sangat terang, dan sangat nyaris murni".

Buku itu diterbitkan di Amerika Serikat sebagai Harry Potter And The Sorcerer's Stone.

Rumah lelang yang berbasis di Dallas itu mengatakan hanya 500 eksemplar dengan penjilidan khusus yang dicetak. Harga akhir pelelangan tembus lebih dari enam kali perkiraan harga pra-penjualan sebesar US$70.000.

Harga lelang sebelumnya untuk Harry Potter edisi pertama berkisar dari sekitar US$110.000 hingga US$138.000.

Baca Juga: 3 Fakta Reuni Harry Potter "Return to Hogwarts", Tayang Januari 2022

Daniel Radcliffe berperan sebagai Harry Potter dalam film-film Harry Potter. Buku edisi pertama Harry Potter berjudul Harry Potter And The Philosophers Stone terbitan Inggris tahun 1997 terjual US$471,000 dollar atau 6,7 miliar rupiah. (Sumber: Dok nme.com/alamy)

"Tidak hanya ini buku Harry Potter termahal yang pernah dijual, ini juga karya fiksi komersial abad ke-20 yang paling mahal yang pernah dijual," kata wakil presiden eksekutif Heritage Auctions Joe Maddalena dalam sebuah pernyataan.

Buku itu dijual oleh seorang kolektor Amerika dan nama pembelinya tidak dirilis.

Penulis Inggris J.K. Rowling menulis enam buku lanjutan tentang petualangan anak yatim piatu penyihir yang terjual sekitar 500 juta kopi di seluruh dunia dalam 80 bahasa, kata penerbit AS Scholastic.

Buku-buku itu diubah menjadi delapan film yang menghasilkan US$7,8 miliar di box office global.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x