Kompas TV internasional kompas dunia

Kram Perut Parah saat Daki Gunung Himalaya, Gadis Petualang Ini Ternyata Alami Menstruasi Mendadak

Kompas.tv - 10 Desember 2021, 08:05 WIB
kram-perut-parah-saat-daki-gunung-himalaya-gadis-petualang-ini-ternyata-alami-menstruasi-mendadak
Prakriti Varshney, gadis petualang India yang mengalami menstruasi mendadak saat mendaki puncak Gunung Ama Dablam di Himalaya, Nepal, awal Desember 2021. Kendati mengalami kram perut parah, ia akhirnya mampu menggapai puncak idamannya. (Sumber: Prakriti Varshney/Pixabay)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Hariyanto Kurniawan

NEW DELHI, KOMPAS.TV – Seorang travel blogger dan influencer Instagram populer dari India mengalami kram perut parah saat mendaki Gunung Ama Dablam, salah satu puncak gunung di Himalaya.

Belakangan, gadis muda petualang itu baru menyadari, kram perut parah yang dialaminya ternyata akibat menstruasi mendadak.

“Terus terang, menstruasi yang saya alami tak pernah sesakit ini. Padahal, beberapa teman saya harus mengalami kram perut parah. Tapi, saya mengalaminya untuk pertama kali pada pendakian ini,” tutur Prakriti Varshney lewat sambungan telepon seperti dikutip dari Indian Express, Kamis (9/12/2021).

Semula, Varshney tak menyadari bahwa ia mengalami menstruasi. 

Pada ekspedisi selama tiga minggu itu, Varshney menyebut, menstruasi mendadak yang dialaminya terjadi saat ia memulai tahap akhir pendakiannya. 

Ia ingat betul, pada hari itu, saat melakukan summit attack, ia menggendong beban seberat 7-8 kg di punggungnya dan mendaki selama 16 jam.

“Kami mulai mendaki puncak sekitar jam 11.50 malam dan saya merasakan kram perut pertama sekitar pukul 1 dinihari. Semula, saya pikir itu karena saya kekurangan air. Tapi kramnya bertambah parah dan saya merasakan kelelahan luar biasa pada bagian bawah tubuh saya,” terang gadis berusia 26 tahun itu. 

Baca Juga: Tolak Beri Cuti Menstruasi untuk Staf Perempuan, Mantan CEO Maskapai Korsel Didenda Rp26 Juta

Varshney pun akhirnya menyadari bahwa ia mengalami menstruasi mendadak. 

“Jadwal menstruasi saya seharusnya belum terjadi. Tentu saja saya tak siap,” ujarnya seraya menjelaskan, “Saya tak bisa menggunakan pembalut, tampon atau menstrual cup karena saya meninggalkan seluruh peralatan itu di tenda saya.”

Untungnya, aliran darah menstruasinya tak banyak. 

Saat menyadari bahwa ia mengalami menstruasi, Varshney pun memberi tahu pemandu sherpa-nya, Phurba, bahwa ia tak dapat melanjutkan pendakiannya. 



Sumber : The Indian Express

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.