Kompas TV video sinau

Kenapa Permukaan Ban untuk Balap Botak?

Kompas.tv - 22 November 2021, 20:58 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Bagi penggemar balapan, menyaksikan  pertandingan atau atlet kesayangan berlaga di lintasan, adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus menegangkan . Apalagi saat atlet yang dijagokan berhasil  naik ke podium merayakan kemenangan, seperti ikut senang dan bangga.

Saat nonton balapan, seperti MotoGP atau Formula One (F1). Jika diperhatikan pada bagian ban yang digunakan, permukaanya botak atau halus alias tanpa kembangan. Menyadur Kompas.Com ban yang digunakan untuk balapan dan harian berbeda.  Misalnya pada ban motor MotoGP, sering kita lihat jenis slick tire atau ban botak, yang digunakan ketika dry race atau lintasan kering.

Ketika balapan , daya cengkeram ban ke lintasan atau traksi harus besar. Untuk mengimbangi daya mesin yang luar biasa. Jadi, ban yang digunakan saat balapan dibuat halus. Namun karena daya cengkeramnya tinggi, usia pakainya sangat rendah. Setelah penggunaan beberapa ratus kilometer, ban sudah tidak bisa dipakai lagi.

Sedangkan, untuk kondisi basah atau hujan. Menggunakan ban khusus yang mempunyai alur. Supaya saat melewati jalanan yang basah tidak tergelincir. 

Baca Juga: Ganjar Pranowo Mengaku Puas Bisa Saksikan WSBK di Sirkuit Mandalika

https://www.kompas.tv/article/234489/ganjar-pranowo-mengaku-puas-bisa-saksikan-wsbk-di-sirkuit-mandalika 

Grafis: Agus Eko Apriyanto



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x