Kompas TV internasional kompas dunia

Buntut Konser Rusuh Tewaskan 8 Orang, Travis Scott Dituntut 12 Gugatan

Kompas.tv - 9 November 2021, 15:19 WIB
buntut-konser-rusuh-tewaskan-8-orang-travis-scott-dituntut-12-gugatan
Siswa SMA Heights di Houston, Texas kembali bersekolah pada Senin (8/11/2021). Salah satu siswa SMA ini merupakan korban tewas dalam konser Travis Scott. (Sumber: Jon Shapley/Houston Chronicle via Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

HOUSTON, KOMPAS.TV - Tragedi yang menewaskan delapan orang saat Festival Astroworld di Texas, Jumat (5/11/2021) membuat rapper Travis Scott menuai gugatan. Sejauh ini, menurut laporan Vulture, sudah terdapat 12 gugatan yang diarahkan ke Travis Scott.

Tidak hanya Travis yang digugat. Penyelenggara acara, Live Nation Entertainment dan Harris County Sports and Convention Corporation juga digugat.

Selain itu, rekan manggung Travis Scott di Astroworld, Drake turut digugat.

Salah satu hadirin konser, Kristian Paredes mengajukan gugatan pada Minggu (7/11). Paredes menuntut ganti rugi 1 juta dolar Amerika Serikat (AS) dan pengadilan terhadap tergugat.

“Terdapat indikasi kuat bahwa penampil, penyelenggara, dan penyedia tempat tidak hanya paham mengenai potensi kerumunan yang ribut, juga potensi kematian dan cedera yang mungkin terjadi,” kata pengacara Paredes, Thomas J. Henry dikutip Vulture.

Baca Juga: Buntut Insiden Astroworld, Travis Scott Bakal Cover Biaya Pemakaman Korban

“Meskipun demikian, mereka lebih mementingkan keuntungan dibanding penonton dan membiarkan pertunjukkan mematikan itu tetap berlangsung,” imbuhnya.

Penonton di konser Travis Scott ricuh dan saling injak di Festival Astroworld. Pihak penyelenggara dan sang artis dilaporkan tidak menggubris kerusuhan yang terjadi.

Selain menewaskan delapan orang, konser ini juga mencederai ratusan lainnya.

Travis Scott sendiri meminta maaf dan berjanji akan membayar biaya pemakaman dan menawarkan layanan kesehatan mental bagi penonton yang trauma.

Akan tetapi, sejumlah pihak menggugat rapper itu dan menuduhnya tak memedulikan keamanan penonton. Rekam jejak Travis Scott yang menghasut penonton untuk bertindak rusuh pada konser-konser sebelumnya pun disorot.

Baca Juga: Travis Scott Disebut Sempat Lanjutkan Konser Meski Rusuh, Kylie Jenner Buka Suara


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x