Kompas TV internasional kompas dunia

Lama Tidak Turun Hujan, Kerajaan Arab Saudi Gelar Salat Minta Hujan dan Minta Warga Tobat

Kompas.tv - 5 November 2021, 15:11 WIB
lama-tidak-turun-hujan-kerajaan-arab-saudi-gelar-salat-minta-hujan-dan-minta-warga-tobat
Salat meminta hujan yang dilakukan di seluruh Arab atas permintaa dari kerajaan Arab Saudi (Sumber: SPA)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

RIYADH, KOMPAS.TV - Otoritas Kerajaan Arab Saudi menginstruksikan warganya untuk melakukan ibadah salat khusus untuk meminta hujan pada Kamis (4/11/2021) waktu setempat.

Hal ini dikarenakan saat ini sedang terjadi musim kering berkepanjangan dan sudah lama tidak turun hujan di wilayah itu.

Dilansir dari Saudi Gazette, salat meminta hujan yang dalam Islam disebut salat istisqa itu dilakukan oleh hampir seluruh wilayah Arab Saudi. Di Mekah, salat dilakukan di Masjidil Haram.

Para pembesar kerajaan pun hadir dalam salat itu. Salah satu yang hadir di antara para pejabat dan pembesar kerajaan itu adalah Pangeran Khaled Al-Faisal, yang merupakan Penasihat dan Penjaga Dua Masjid Suci di Arab Saudi.

Di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, salat meminta hujan ini dilaksanakan di di Masjid Imam Turki bin Abdullah. Hadir di antara pembesar kerajaan dan pejabat adalah Pangeran Mohammed bin Abdulrahman bin Abdulaziz, Wakil Emir wilayah Riyadh.

Baca Juga: Setelah Punya Pantai Bikini dan Kafe untuk Anjing, Halloween Juga Dirayakan di Arab Saudi

Di kota-kota lain juga sama. Gubernur regional dan para pejabat senior menghadiri doa di wilayah masing-masing dan bersama-sama melakukan salat minta hujan.

Dalam khotbah sebagai bagian dari ibadah salat meminta hujan, para pengkhotbah meminta warga untuk taubat.

Mereka meminta umat Islam untuk bertobat dari dosa-dosa mereka dan memohon pengampunan kepada Allah SWT atas apa yang menimpa mereka.

Lantas, para pengkhotbah juga berpesan kepada masyarakat untuk memperbanyak amal saleh dan salat sambil berdoa agar turun hujan.

Baca Juga: Perkenalkan Situs Kuno Hima, Kawasan Batu Cadas Menakjubkan Berusia 3.000 tahun di Najran, Saudi

Saat ini, Arab Saudi memang sedang mengalami kekeringan dan biasanya ini berlangsung selama beberapa bulan sampai musim hujan kembali tiba.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x