Kompas TV internasional kompas dunia

Setelah Punya Pantai Bikini dan Kafe untuk Anjing, Halloween Juga Dirayakan di Arab Saudi

Kompas.tv - 3 November 2021, 11:45 WIB
setelah-punya-pantai-bikini-dan-kafe-untuk-anjing-halloween-juga-dirayakan-di-arab-saudi
Halloween di Arab Saudi dirayakan, mereka sebelumnya juga punya pantai bikin Pure Beach dan Barking Lot (Sumber: Facebook resmi Mall of Arabia)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

RIYADH, KOMPAS.TV - Setelah punya pantai bikini, Pure Beach, pantai yang memperbolehkan perempuan berbikini dan gandengan bersama pasangan, dan punya kafe khusus untuk hewan anjing bernama 'The Barking Lot', kini warga Arab juga diperbolehkan merayakan perayaan Halloween.

Pembolehan ini tentu saja berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelumnya ketika warga Arab Saudi dilarang merayakan tradisi maupun sesuatu yang dianggap ‘berbau’ barat seperti Halloween maupun perayaan ibadah seperti Natal dan sejenisnya.

Visi Pangeran Salman 2030 yang membuka dengan lebar Arab Saudi untuk dunia luar membuat warga Saudi bisa mengikuti perayaan yang jatuh pada 31 Oktober itu laiknya negara maupun kota-kota lain di dunia.

Baca Juga: Di Pure Beach, Perempuan Arab Kini Aman Berbikini dengan Bayar 1,1 Juta Sekali Masuk

Toko-toko dan mal di Riyadh, misalnya, menghiasi diri dengan pelbagai lampion, labu maupun pernak-pernik lain sebagai tanda Halloween tiba.

Warga Arab pun antusias, meskipun masih dalam pembatasan akibat pandemi Covid-19.

“Orang-orang mengantre dan menunggu untuk beli kostum, mereka merayakan Halloween ini dengan antusias,” papar Fahad Alzowaid, manajer toko dan dekorasi di Riyadh sebagaimana dikutip dari The National.

Baca Juga: The Barking Lot, Kafe Khusus Anjing di Arab Saudi Kian Rame dan Buka Cabang di Riyadh

Ia mengaku gembira, perayaan seperti ini membawa kegembiraan bagi warga Saudi. Anak-anak melakukan tradisi trick or treat, tradisi khas Halloween dengan mengumpulkan permen manis ke tetangga sekitar.

Meski begitu, aturan seperti social distancing, masker maupun sejenisnya sebagai upaya pencegahan Covid-19 juga dilakukan.

Pemerintah juga tampak mendukung kebijakan perayaan Halloween dengan penuh kesungguhan. 

“Pemerintah telah melakukan tugasnya dengan hebat untuk hal ini dan mencegah bencana covid-19 meluas,” tambah Alzowaid.

Di Mall of Arabia di Jeddah, warga misalnya, bisa dengan gampang menemukan pelbagai ornament maupun baju kostum Halloween. Beberapa penjual kue juga memanfaatkan momentum ini dengan menjual aneka jajanan manis dan bertema Halloween.

Baca Juga: Setelah Viral Pantai Bikini Pure Beach, Ada Upaya Legalkan Alkohol di Arab Saudi

Ghada Batarjee, warga Saudi menjelaskan bahwa dirinya dan keluarga kini bergembira atas keputusan pemerintah membolehkan perayaan Halloween.

“Anak-anak suka tric or treat dan turun ke jalan, mengunjungi tetangga dan membunyikan bel rumah mereka yang dihiasi neon. Perayaan ini menyatukan komunitas kami dengan cara yang meriah,” paparnya.



Sumber : The National


BERITA LAINNYA



Close Ads x