Kompas TV internasional kompas dunia

Di Pure Beach, Perempuan Arab Kini Aman Berbikini dengan Bayar 1,1 Juta Sekali Masuk

Kompas.tv - 24 Oktober 2021, 15:39 WIB
di-pure-beach-perempuan-arab-kini-aman-berbikini-dengan-bayar-1-1-juta-sekali-masuk
Pantai Pure Beach di Arab yang bolehkan perempuan bikini (Sumber: Official website Pure Beach)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JEDDAH, KOMPAS.TV - Jika Anda ke Arab Saudi dan hasrat renang di pantai sudah membuncah, maka silakan datang ke Pure Beach, jaraknya 125 KM dari kota Jeddah.D

Di pantai ini, semuanya bebas. Termasuk para perempuan yang ingin pakai bikini agar lepas menikmati pantai dan laut.

Pemandangan ini tentu saja sangat kontras dibanding beberapa tahun lalu. Apalagi, Arab Saudi dianggap sangat ketat dengan aturan terkait perempuan.

Kebolehan perempuan untuk menyetir mobil sendiri misalnya, baru dikeluarkan otoritas pada awal tahun lalu.

Baca Juga: The Barking Lot, Kafe Khusus Anjing di Arab Saudi Kian Rame dan Buka Cabang di Riyadh

Namun, kini semua berubah usai keputusan Arab membuka lebar-lebar negeri muslim itu untuk dunia luar sebagai bentuk modernisasi Saudi yang dicanangkan Pangeran Salman.

Arab Saudi berangsur mulai meninggalkan koservatisme yang melekat di negaranya. Mulai dari soal ekonomi hingga pariwisata.

Salah satu yang unik adalah pantai bikini bernama Pure Beach ini yang terletak di Lagoon Preserve, King Abdullah Economic City (KAEC), sebelah utara kota Jeddah.

Di area ini juga tidak ada pemisahan antara laki-laki dan perempuan, semuanya bebas untuk berekpresi dan menikmati keindahan pantai.

Tidak hanya turis asing saja yang suka di Pure Bech, warga lokal juga antusias.

Anda cukup merogoh kocek sebesar 300 riyal atau sekitar 1,1 juta rupiah untuk bisa menikmati segala fasilitas di Pure Beach. Seperti menari, berdansa, dan dentuman musik laiknya resort pada lazimnya.

Baca Juga: Arab Saudi Resmi Beri Izin Penonton untuk Ramai-ramai Penuhi Stadion

Salah satu warga Arab Saudi bernama Asma (32 th) menceritakan pengalamannya datang ke Pure Beach bersama pasangannya.

Ia bahkan bisa berdansa bersama dengan bebas, menikmati desir lembut ombak dengan dentuman musik lewat pengeras suara yang terus bertalu-talu di tepi laut merah itu.

“Aku bahagia bisa menikmati waktu di pantai Pure Beach ini. Aku menikmati suasana di tempat ini dan seperti ini merupakan impian kami. Sungguh, akhir pekan yang indah,” tuturnya seperti dikutip dari AFP.

Pengelola King Abdulla Economic City, Bilal Saudi, menjelaskan tentang Pure Beach dan kebolehan yang sebenarnya jarang terjadi di Arab Saudi.

Kebolehan yang menurutnya biasa bagi penduduk di luar Arab, tapi baru di tempat ini. Pihaknya memang sengaja untuk menyasar turis asing. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x