Kompas TV internasional kompas dunia

The Barking Lot, Kafe Khusus Anjing di Arab Saudi Kian Rame dan Buka Cabang di Riyadh

Kompas.tv - 24 Oktober 2021, 10:06 WIB
the-barking-lot-kafe-khusus-anjing-di-arab-saudi-kian-rame-dan-buka-cabang-di-riyadh
Ilustrasi seorang muslimah di Barking Lot, kafe Khusus Anjing di Arab Saudi (Sumber: Life in saudi arabia)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

RIYADH, KOMPAS.TV - Medio Juni 2020 lalu publik Indonesia dikagetkan dengan The Barking Lot, kafe khusus di mana pengunjung bisa minikmati kopi bersama anjing kesayangannya yang berdiri di pesisir Kobar.  Kafe itu kini bertambah ramai dan membuka cabang di Riyadh, ibukota dan salah satu kota terbesar di Kerajaan Saudi.

The Barking Lot menjadi primadoa baru di Saudi. Kafe itu juga bertambah rame dikunjungi oleh para pecinta binatang yang ingin bersantai dan mengajak anjing kesayangannya. Bahkan di tempat itu disediakan area memandikan anjing dan membersihkan bulu-bulu mereka.

"Saya memutuskan untuk membuat tempat bagi pemilik hewan peliharaan, mereka (para pecinta binatang) bisa  bebas menikmati waktu bersama anjing mereka," kata pemilik Dalal Al-Sharhan seperti dikutip The National.

Meski begitu, Dalal menyadari tidak mudah untuk membawa anjing peliharaan berkeliaran di Saudi. Di negara itu, tidak hanya orang Arab yang kesusahan, pendatang pun mengalami hal serupa ketika ingin berjalan-jalan dengan anjing kesukaaanya.

“Jika Anda memiliki anjing, sulit sekali untuk berkeliaran di jalanan atau sekadar jalan-jalan ke taman, atau sekadar bersenang-senang dengan mereka pun serupa. Di negeri Ini benar-benar dilarang dan Anda bisa dianggap melanggar hukum,” tambahnya.

Baca Juga: Arab Saudi Umumkan Komitmen Nol Emisi Karbon pada Tahun 2060

Itulah alasan ia memiliki ide khusus untuk bikin The Barking Lot. Apalagi, ketika ia dulu dilarang untuk sekadar jalan-jalan bersama anjingnya di pantai. Ia begitu sedih.

Lantas, ia memutuskan untuk membuat tempat khusus bagi mereka pecinta anjing dan bisa bersantai bersama anjingnya sembari menikmati secangkir kopi atau kudapan lezat lain.

Ide itu lantas mendapat sambutan dari warga Saudi. Ia tidak menyangka, ternyata banyak juga yang yang bernasib seperti dirinya. Punya anjing dan tidak tahu hendak ke mana bermain-main dengan anjingnya.

Kini, setiap hari The Barking Lot dikunjungi banyak warga Saudi. Kafe ini juga menyediakan makanan khusus buat anjing, area bermain dan semacamnya. Saat pandemi pun sama, dengan protokol kesehatan yang ketat, para pengunjung pun harus antre untuk bisa bermain di The Barking Lot. 

Baca Juga: Bikin Panik, Singa Betina Berkeliaran di Jalanan Arab Saudi

Seorang warga kota Riyadh, Hassan Al Amri, begitu senang dengan adanya The Barking Lot di kota ini.

Ia tidak menyangka, ternyata ada kemungkinan bagi dirinya untuk berada di tempat khusus dan legal ini. Ia bisa bermain-main dengan anjing yang kesayangannya.

“Kami warga Riyadh tidak memiliki komunitas anjing sebelumnya. Tetapi sekarang kami memiliki tempat yang menakjubkan, bisa datang kapan saja dan bersenang-senang dengan keluargamu, anjing kesayanganmu dan kami juga bisa membangun komunitas dan berbagi pengalaman," ujar Al Amri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x