Kompas TV regional update

Jelaskan Penyebab Cuaca Ekstrem, BPBD DKI Jakarta Imbau Warga Waspada

Kompas.tv - 1 November 2021, 21:58 WIB
jelaskan-penyebab-cuaca-ekstrem-bpbd-dki-jakarta-imbau-warga-waspada
Ilustrasi cuaca ekstrem. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk sepekan ke depan. (Sumber: Tribunnews/Irwan Rismawan)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat DKI Jakarta mesti waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama satu pekan ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memprediksi, cuaca ekstrem di ibu kota akan berlangsung mulai 31 Oktober hingga 6 November 2021.

BPBD DKI Jakarta menjelaskan, prediksi cuaca ekstrem tersebut merupakan hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini yang menunjukkan adanya belokan dan perlambatan angin.

Akibatnya, aktivitas gelombang Rossby dan gelombang Kelvin akan semakin meningkat hingga dapat memicu pertumbuhan awan hujan.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Ekstrem 1 November 2021: 6 Provinsi Ini Siaga Banjir Bandang

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) memprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat (untuk wilayah Jakarta)," tulis BPBD DKI Jakarta dalam unggahan di akun Instagram resminya, Minggu (31/10/2021).

Maka dari itu, masyarakat diminta untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem karena bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang.

Selain itu, BPBD DKI Jakarta pun mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan bencana, terutama banjir.

Warga Jakarta juga diminta menghubungi call center 112 jika menemukan kondisi darurat akibat bencana yang disebabkan oleh cuaca ekstrem.

Baca Juga: Waspada! Wilayah Indonesia Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x