Kompas TV nasional peristiwa

Waspada! Wilayah Indonesia Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 19:45 WIB
waspada-wilayah-indonesia-berpotensi-dilanda-cuaca-ekstrem-sepekan-ke-depan
Ilustrasi: BMKG keluarkan peringatan potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan. (Sumber: shutterstock via Tribunnews)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi cuaca ekstrem yang terjadi di hampir seluruh provinsi di tanah air. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menuturkan cuaca ekstrem ini berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir, serta angin kencang.

Dia menyebut, BMKG memprakirakan potensi cuaca ekstrem ini terjadi pada sepekan ke depan, yakni periode 31 Oktober hingga 06 November 2021.

Guswantio menambahkan, berdasarkan hasil analisis terkait dinamika atmosfer terkini menunjukkan adanya potensi belokan dan perlambatan angin yang dapat meningkatkan pola konvektifitas.

Dinamika itu, lanjut dia, diprediksi mengakibatkan aktifnya fenomena MJO, Gelombang Rossby, dan Gelombang Kelvin.

"Hal itu yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan," kata Guswanto dalam keterangannya, Minggu (31/10/2021). 

Adapun wilayah yang diprediksi bakal mengalami potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat  yang dapat disertai petir dan angin kencang dalam sepekan ke depan, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep Riau, Jambi, Bengkulu.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Akan Terjadi Peningkatan Curah Hujan di Bulan November

Kemudian Sumatera Selatan, Kep Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah.

Lalu wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. 

6 Provinsi Diprakirakan Alami Banjir/Banjir Bandang

Sementara pada 31 Okt hingga 01 November 2021, berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak, BMKG memprediksi ada enam wilayah yang berpotensi terjadi banjir dan banjir bandang dengan kategori siaga.

Adapun keenam wilayah yang dimaksud yakni, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x