Kompas TV regional peristiwa

Ada Perbedaan Data Kasus Menwa UNS, Tim Evaluasi: Kami Tak Ingin Ditekan Pihak Mana Pun

Kompas.tv - 1 November 2021, 17:30 WIB
ada-perbedaan-data-kasus-menwa-uns-tim-evaluasi-kami-tak-ingin-ditekan-pihak-mana-pun
Ketua Tim Evaluasi Korps Mahasiswa Siaga alias Menwa Batalyon 905 Jagal Abilawa UNS Sunny Ummul Firdaus (Sumber: rumahpemilu.org)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Fadhilah

SOLO, KOMPAS.TV - Pihak kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) menyampaikan hingga kini masih melakukan observasi dan pengumpulan data terkait kasus kematian Gilang Endi Saputra saat Diklatsar Menwa.

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim Evaluasi Korps Mahasiswa Siaga alias Menwa Batalyon 905 Jagal Abilawa UNS Sunny Ummul Firdaus langsung di depan massa aksi yang berkumpul di depan Rektorat UNS, sore hari ini, Senin (1/11/2021).

Sunny menyatakan, dari data observasi yang dilakukan anggota tim evaluasi, pihaknya mendapat data yang berbeda sehingga perlu waktu sebelum diumumkan kepada publik.

Hal ini dilakukan guna hasil yang disampaikan bersifat valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Kita sedang melakukan observasi dan pengumpulan data. Masing-masing tim memiliki data yang berbeda sehingga belum bisa disampaikan. Kami ingin data yang disampaikan valid dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Sunny Ummul Firdaus.

Lebih lanjut, perempuan yang juga seorang pakar Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Hukum (FH) UNS ini menegaskan, pihaknya tidak ingin mengumumkan hasil observasi dalam posisi ditekan oleh pihak tertentu.

Pihaknya menyebut ingin diberi ruang yang profesional dan proposional dalam proses observasi yang dilakukan untuk menambah bukti adanya dugaan kekerasan dalam Diklatsar Menwa.

Baca Juga: Dirreskrimum Polda Jateng Asistensi Polresta Solo Soal Kematian Mahasiswa UNS saat Diklatsar Menwa

"Kami tidak ingin mengumumkan dalam tekanan pihak mana pun. Kami ingin diberi ruang untuk menyelesaikan secara profesional dan proposional," tegasnya.

Oleh karena itu, pihaknya juga mendorong kepada mahasiswa UNS yang memiliki keterangan lebih terkait kasus kematian Gilang Endi Saputra dapat menyampaikannya kepada pihak kampus.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x