Kompas TV nasional peristiwa

Pesan Jokowi dalam Peringatan Sumpah Pemuda: Pemuda Bisa Menjadi Pemimpin di Era Digital

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 15:58 WIB
Penulis : Akbar Prabowo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini merupakan peringatan Sumpah Pemuda yang ke-93. Presiden Joko Widodo mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda melalui akun media sosialnya, dan memberi sambutan yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi berpesan, dalam Sumpah Pemuda tahun ini hendaknya para pemuda bisa menjadi pemimpin di era digital. Ia menambahkan, generasi muda mempunyai karakter berani mengambil risiko dan merebut peluang. Dia menilai karakter itu diperlukan di persaingan global yang penuh disrupsi.

Baca Juga: Peringati Sumpah Pemuda, Polsek Rimbo Bujang Vaksin Warga

Dalam konteks yang lebih luas, kepala negara mejelaskan makna pemuda mestinya tak dibatasi usia. Masyarakat yang tidak lagi berusia muda diharapkan mau terus membekali diri dengan yang perkembangan terkini dan yang terbaru.

Jokowi menuturkan, prestasi pemuda Indonesia seperti tumbuhnya start-up yang sukses menjadi pemain global merupakan bukti dari kekuatan pemuda. Selain itu, karya dan prestasi anak bangsa di kancah global juga makin bertambah.

Baca Juga: Hari Sumpah Pemuda! Buruh Kritik Kepemimpinan Jokowi-Maruf Amin

Presiden memahami bahwa tidak semua pemuda Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati pendidikan tinggi, memahami dunia yang penuh disrupsi, memahami dunia yang menuju ke mana, dan memahami perkembangan IPTEK terbaru.

Oleh kare itu, pemuda Indonesia harus saling berbagi informasi, pengetahuan, dan keterampilan. Sehingga semua anak Indonesia dapat berkontribusi yang lebih besar kepada kemanusiaan dan kemajuan bangsa.

Video editor: Laurensius Krisna Galih



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x