Kompas TV nasional peristiwa

Hari Sumpah Pemuda! Buruh Kritik Kepemimpinan Jokowi-Maruf Amin

Kompas.tv - 28 Oktober 2021, 15:11 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia menggelar aksi long march mulai dari depan kedutaan besar Amerika Serikat hingga kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021).

Selain buruh, sejumlah tokoh super hero seperti iron man hingga kesatria baja hitam ikut turun ke jalan dalam rangka memperingati sumpah pemuda.

“Aksi massa memperingati hari Sumpah Pemuda, banyak persoalan yang dihadapi rakyat. Kehilangan lapangan pekerjaan, PHK, sulit mengakses pendidikan, perampasan lahan, PHK yang terjadi sampai hari ini, di momentum hari Sumpah Pemdua. Tidak ada perlindungan negara di tengah masa pandemi.”ucap Koordinator aksi Ari Rapitra.

Baca Juga: Demokrat ke PDIP: Zaman SBY Rakyat Bisa Hidup Enak, Tidak Seperti Sekarang

Tuntutan mereka terkait evaluasi kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di tahun kedua yang dinilai gagal menyejahterakan rakyat.

“Politik juga kaum muda dihadapkan dengan pembungkaman demokrasi. Aksi-aksi mahasiswa, pelajar, pemuda yang dibungkam rezim Jokowi-Ma’ruf Amin.”ucap Rapitra.

Buruh dan mahasiswa meminta pemerintah menggratiskan biaya pendidikan di masa pandemi.

Mereka berharap adanya penyetopan kapitalisasi dan komersialisasi sistem pendidikan.

Video Editor: Jihan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x