Kompas TV regional berita daerah

Klaster PTM, 47 Siswa di 5 SD Positif Covid-19

Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:56 WIB

SOLO, KOMPAS.TV - Klaster penularan Covid-19 dari pembelajaran tatap muka (PTM), muncul di Kota Solo, Jawa Tengah. Ada lima sekolah dasar, dengan 47 orang positif Covid-19. Hasil tersebut didapat dari testing gencar, yang dilakukan secara acak.

SD Kristen Manahan Kota Solo, Jawa Tengah, menjadi sekolah dengan angka konfirmasi positif Covid-19 terbanyak dalam klaster PTM. Ada 32 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19. Lima diantaranya tenaga pengajar, sisanya merupakan siswa.

Sejumlah empat sekolah lainnya adalah SD Negeri Mangkubumen Kidul, SD Al Islam Jamsaren, SD Negeri Danukusuman, dan SD Negeri Semanggi Lor. Hasil positif didapat dengan metode PCR, dalam tes usap massal yang dilakukan secara acak. Dari hasil awal, kemudian dilakukan tracing. Sementara untuk keluarga juga dilakukan tracing di fasiltas kesehatan terdekat.

"Kalau untuk tracing siswa, kita ambil di sekolah. Kalau keluarga konsepnya wilayah, sama teman-teman puskesmas nanti disuruh ke rumah sakit. Kalo luar kota sudah kita infokan ke kabupaten sekitar untuk segera dilakukan tracing yang mudah-mudahan cepat. Tracing, testing, sehingga cepat dilakukan treatment. Karena kalo nggak segera treatment kan nyebar kemana-mana," kata Siti Wahyuningsih, Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo.

Namun separuh dari angka positif tersebut, merupakan warga dari luar Solo. Wali Kota Solo memastikan, PTM di sekolah lain tetap berjalan, namun tetap harus memperhatikan protokol kesehatan.

"Yang jelas sudah kita mitigasi, sudah kita tracing, testing semua termasuk orangtuanya, guru-gurunya. Ada siswa, ada guru, siswa kebanyakan dari luar Solo, dari Karanganyar. Ada yang swasta, SD Kristen, salah satunya itu. Nanti akan kita koordinasikan, terutama yang paling banyak klasternya, perlu hati-hati sekali. Makanya saya ingatkan, tiap hari untuk maskernya jangan dilepas, jangan diturunkan," tutur Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo.

Pemerintah Kota Solo bergerak cepat, dengan melakukan tracing menyeluruh. Untuk sekolah yang menjadi klaster, diminta kembali ke pembelajaran jarak jauh. Penutupan PTM di sekolah tersebut, berkisar dua minggu hingga satu bulan. Sementara itu, dinas kesehatan akan terus melakukan tes usap PCR secara acak. Saat ini masih ada sejumlah sekolah yang menunggu hasil tesnya keluar.

#kotasolo #klasterptm #gibranrakabumingraka

Penulis : KompasTV Jateng

Sumber : Kompas TV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:59
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19